Jemaah Calon Haji Bolmong Disuntik Meningitis

Kamis, 19 Mei 2022 13:02 Wita.

BOLMONG – Vaksin meningitis atau dikenal dengan vaksin haji, merupakan vaksinasi yang wajib diikuti seluruh jemaah calon haji yang akan berangkat ke Arab Saudi.

Di Kabupaten Bolaang Mongondow, sebanyak 17 jemaah calon haji yang dipastikan berangkat musim haji tahun ini mengikuti suntik vaksin meningitis di Dinas Kesehatan Bolmong, Kamis (19/5).

Vaksinasi ini turut didampingi Kepala Seksi (Kasie) Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolmong, Hendrongi Ngampo.

Dituturkannya, 17 jemaah calon haji sampai saat ini dalam kondisi yang prima sehingga bisa divaksin meningitis.

Seperti dikutip pada laman halodoc penyakit meningitis adalah radang pada selaput pelindung saraf pusat atau kerab disebut dengan radang otak. Gejalanya hampir tidak kelihatan karena mirip penyakit lainnya seperti demam, batuk, sakit kepala dan lain-lain. Meningitis disebabkan virus yang tersebar melalui udara dan sangat cepat terserap oleh tubuh.

Alasan kuat jemaah haji harus melakukan vaksin meningitis karena Arab Saudi adalah negara endemik terjadinya penyakit meningitis meningokokus. Selain itu, jamaah haji yang datang ke Mekah juga berasal dari seluruh dunia, yang sebagian diantaranya berasal dari negara-negara rawan meningitis.

Vaksinasi meningitis sangat penting dilakukan, bahkan pemerintah Arab Saudi juga telah mewajibkan Jemaah haji dan umroh  harus disuntik vaksin meningitis terlebih dahulu. (dek)

Penulis : Ni Kadek Noviasih

Editor : Goins Manoppo


Baca Juga