MTsN 1 Bolmong Siap Hadapi ANBK

Selasa, 14 September 2021 15:30 Wita.

BOLMONG – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Bolmong memastikan kesiapan seluruh sistem dan perangkat Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Selasa (14/9).

Nuhran Soga selaku Kepala MTsN 1 Bolmong memastikan seluruh stakeholder, mulai dari sistem perangkat, jaringan, server, hingga proktor telah siap.

“Apalagi ini pertama kali dilaksanakan baik dalam skala nasional maupun pada setiap satuan pendidikan termasuk di MTsN 1 Bolmong. Kita pastikan perangkat tersinkron dan terkoneksi dengan baik dan lancar,” ungkapnya.

Gladi resik pada hari kedua ini diikuti sebanyak 45 siswa, dan 1 siswa cadangan dari kelas 8 yang telah dipilih oleh sistem secara acak untuk menjadi sample mewakili ANBK di MTsN 1 Bolmong.

Nuhran Soga menuturkan, ANBK bukan merupakan Ujian Akhir Nasional, namun ini adalah upaya pemetaan mutu pendidikan mulai dari tingkat satuan pendidikan sampai tingkat nasional. ANBK ini diharapkan menjadi dasar perbaikan sistem pendidikan nasional ke depannya.

Jelang waktu pelaksanaan ANBK sesungguhnya pada 4 – 6 Oktober 2021 mendatang, Nuhran Soga mengaku MTsN 1 Bolmong siap menghadapinya.

Untuk diketahui, ANBK resmi menjadi pengganti UNBK yang telah diluncurkan pada tahun 2019 sebagai satu produk dari Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim.

Secara umum, ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat.

Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. (dek)


Baca Juga