Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Sabtu, 5 Desember 2020

Pengasuh Ponpes Tebuireng VII Jadi Pemateri Sosialisasi Gerakan Anti Politisasi Sara dan Ujaran Kebencian

21 November 2020


BOLTIM - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengelar sosialisasi gerakan Anti Politisasi SARA dan Ujaran Kebencian di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, bertempat di Pondok Pesantren Miftahul Khoir Tebuireng VII Buyat, Kamis (19/11).

Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Khoir Tebuireng VII Buyat Kyai Abdurrahman Modeong dalam kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Bawaslu Sulut yang menggelar sosialisasi tersebut di Pesantren Tebuireng VII Buyat.

”Terima kasih untuk pimpinan Bawaslu Sulut yang memilih Pesantren Miftahul Khoir Tebuireng VII Buyat sebagai tempat pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, kegiatan ini sangat bermanfaat mengingat Kabupaten Boltim dan Sulawesi Utara akan menghadapi pemilihan kepala daerah,” ucap Abdurrahman. 

Dalam kegiatan tersebut juga, Kyai Abdurrahman Modeong di daulat sebagai pemateri dalam sosialisasi gerakan anti politisasi sara dan ujaran kebencian. Kyai Abdurrahman dalam materinya mengatakan bahwa orang yang termakan isu sara dan melakukan ujaran kebencian adalah orang yang tidak paham makna diutusnya Rasulullah ke alam dunia.

”Apabila kita melihat dari sudut pandang agama, maka orang yang termakan isu sara dan melakukan ujaran kebencian adalah orang yang tidak paham makna di utusnya Rasulullah ke alam dunia,” ungkap Modeong.

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ 
“Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam,”.

“Ketika kita paham makna yang terkandung dalam hadits ini, maka dapat dipastikan pemilihan nanti akan berjalan dengan lancar tanpa ada isu politisasi sara dan ujaran kebencian,” kata Modeong.
 
Lebih lanjut, Kyai Abdurrahman mengatakan bahwa makna rahmat bagi seluruh alam tidak hanya kepada muslim saja , tetapi seluruh makhluk selain Allah Swt tanpa memandang suku, golongan, agama dan lain-lain,” kata Modeong. (gan)


Aplikasi