Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Rabu, 30 September 2020

Jadi Narasumber, Purukan Sampaikan Materi Tentang Program Pembangunan Bidang Agama Kementerian Agama

6 August 2020


Minut (Kemenag) - Rencana pembelajaran  adalah acuan bagi guru untuk melakukan tugas pokok dan fungsi guru dalam  melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar lebih terarah, efektif dan efisien. Hal ini akan bermanfaat bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya.

Untuk meningkatkan pemahaman Guru Madrasah tentang rencana pembelajaran tersebut maka Kementerian Agama Minut dan Balai Diklat Keagamaan Manado (BDK) melaksanakan kegiatan Diklat di Wilayah Kerja (DDWK)  bertajuk Penyusunan RPP bagi Guru Madrasah Tahun 2020 (4/8/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan di masa normal baru ini dibuka oleh Kepala Kemenag Kantor Minut Pendeta Anneke M Purukan S.PAK, MPd, bertempat di Balai Diklat Keagamaan Manado ini diikuti oleh 30 peserta yaitu Guru Madrasah se-Minut dilaksanakan mulai tanggal  4 s.d. 9 Agustus 2020.

Saat memberikan materi terkait Pembangunan Bidang Agama, Purukan mengatakan bahwa Kementerian Agama telah menetukan  8 hal penting yang tercakup di dalamnya.

“Delapan hal yang menjadi fokus pembangunan bidang agama tersebut meliputi peningkatan kualitas kesalehan umat beragama, penguatan generasi dan tuntunan umat beragama serta penyediaan layanan yang adil dan merata. Kemudian, peningkatan pemberdayaan dan sumber budaya ekonomi umat, perluasan akses pendidikan dini ciri khas agama, pendidikan agama dan keagamaan. Termasuk pula meningkatkan kualitas pengelolaan dan untuk pendidikan umum berciri khas agama, pendidikan agama dan keagamaan. Terakhir yang juga menjadi fokus ialah penguatan kreativitas dan peningkatan daya saing pendidikan keagamaan serta peningkatan kualitas tata kelola yang efektif,” jelasnya.

Purukan menambahkan bahwa kondisi pandemi covid-19 saat ini perlu mendapat perhatian khusus dalam penanganannya, termasuk dalam sistem pembelajaran.

“Pandemi covid-19 memberi dampak terhadap cara berkomunikasi antara satu individu dengan individu yang lain termasuk dalam metode pembelajaran, dimana dalam berkomunikasi menggunakan sistem online. Saya berharap keadaan ini dapat menjadi sebuah pebelajaran dan pengalaman serta kesempatan bagi guru untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia", pungkas isteri tercinta Patris Saroinsong ini.


Aplikasi