Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Minggu, 31 Mei 2020

Menag: Kepastian Haji 1441 H Ditunggu Hingga Awal Juni

20 May 2020


Manado (Kemenag) --- Kementerian Agama mengundur Deadline pengumuman kepastian Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 H/2020 yaitu yang awalnya akan disampaikan pada 20 Mei hari ini diundur sampai awal Juni nanti.

Menurut Menag Fachrul Razi, keputusan ini diperoleh setelah mendapatkan arahan dari Presiden Joko Widodo. Hal ini dilakukan dengan alasan pertama, agar batas penyampaian pengumuman diundur dengan harapan ada perkembangan baik di Indonesia dan Arab Saudi. Kedua, saat ini tampak ada geliat persiapan haji yang dilakukan oleh Arab Saudi  antara lain semenjak 17 Mei kemarin terlihat pemasangan tenda-tenda di Arafah oleh Muassasah Asia Tenggara. Ketiga, saat ini Indonesia masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 29 Mei 2020, semua pihak diharapkan bisa berkonsentrasi mengefektifkan PSBB ini agar covid-19 bisa segera berakhir.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar menambahkan pihaknya telah bersurat ke Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI agar bisa ikut mengkomunikasikan masalah kepastian haji tahun ini melalui Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, dan Kemenag terus menyiapkan mitigasi atas kemungkinan skema Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini apakah tetap dilaksanakan atau batal.

"Apapun keputusannya kami tetap memaksimalkan segala hal menyangkut persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 H/2020", tutur Nizar. (Neni)


Aplikasi