Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Sabtu, 5 Desember 2020

Kemenag Kota Bitung Gelar Sosialisasi BOP-RA Bagi Kepala RA

13 February 2020


Bitung - Dalam rangka memberikan pemahaman tentang pemanfaatan dana BOP-RA, Kantor Kementerian Agama Kota Bitung melalui Seksi Pendidikan Islam melaksanakan kegiatan sosialisasi dana BOP-RA yang bertempat di Aula Kementerian Agama Kota Bitung, Kamis, (13/02/2020).

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7330 tahun 2019 tentang petunjuk teknis pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) pada Raudhatul Athfal tahun anggaran 2020.

Kepala Seksi pendidikan Islam Kamran Besse dalam arahannya menyampaikan kepada seluruh Kepala RA agar segera menyelesaikan LPJ tahun 2019 dan segera mempersiapkan rencana anggaran pembelajaran tahun 2020.

“Beberapa larangan dalam penggunaan BOP-RA, diantaranya adalah untuk membangun gedung atau rehabilitasi berat. Kemudian kegiatan yang bukan prioritas RA seperti karya wisata atau studi banding. Lalu pembayaran biaya uang bonus atau uang transportasi guru, serta membeli seragam untuk siswa dan guru,” jelas Kamran.

Bantuan bagi siswa kurang mampu dan sumbangan seragam bagi siswa kurang mampu diperbolehkan. Selain itu, penggunaan dana BOP diperbolehkan untuk kegiatan pembelajaran dan bermain, seperti penambahan alat peraga edukatif dan buku-buku perpustakaan. Selain itu kegiatan pendukung seperti persediaan buku administrasi, untuk alat deteksi dini tumbuh kembang anak, peningkatan gizi atau makanan tambahan anak, hingga perawatan sarana-prasarana ringan dan pembayaran listrik dan air.

Kamran berharap kepada seluruh penanggung jawab BOP-RA, dalam hal ini adalah Kepala RA dalam penyaluran dana tersebut agar benar-benar memperhatikan petunjuk teknisnya. Sebab setiap dana yang disalurkan atau dikeluarkan akan diminta laporan pertanggungjawabannya sesuai dengan juknis dan ketentuan yang berlaku.

Apabila dalam pembuatan LPJ baik itu dana BOP RA kurang jelas, untuk berkonsultasi langsung ke bagian Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bitung. Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh Kepala RA  dan bendahara. (diman)


Aplikasi