Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Rabu, 29 Januari 2020

Permudah Pelayanan, KUA Tutuyan Tata Berkas 2019

14 January 2020


BOLTIM - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan yang menjad sentral layanan keagamaan di masyarakat dalam hal keagamaan seperti pernikahan, keluarga sakinah, pembinaan masyarakat bahkan dalam segi permintaan berkas nikah. Untuk itu, KUA Kecamatan Tutuyan diawal tahun 2020 ini melakukan pembenahan dan penjilidan berkas pernikahan tahun 2019, Selasa 14 Januari 2020.

Ditemui di ruangannya, Drs. H. Djefri Koe beserta 2 orang stafnya yang sedang menata berkas pernikahan tahun 2019, mengatakan bahwa penataan ini bagian dari mempermudah pencarian berkas.

“Penataan arsip ini untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat terutama pencarian data atau berkas pernikahan pertahun," kata Djefri.

Lebih lanjut, Djefri mengatakan untuk tahun 2020, berkas akan langsung dijilid setiap bulannya.

"Untuk tahun 2020 administrasi nikah KUA Tutuyan diusahakan langsung dijilid setiap bulannya. Untuk itu di tahun ini setiap berkas pendaftaran yang masuk harus lengkap dan tidak ada lagi data susulan, sebab hal ini yang kadang menghambat untuk penjilidan setiap berakhir bulan," jelas Djefri yang juga merupakan Sekertaris MUI Kabupaten Boltim ini.

Menurutnya, KUA Kecamatan Tutuyan akan terus melakukan pembenahan kualitas layanan, hingga ketertiban administrasi. Karena KUA Tutuyan adalah KUA yang berada di ibukota kabupaten yang tentunya harus menjadi contoh bagi yang lain. (gan)


Aplikasi