Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Rabu, 21 Agustus 2019

Kemenag Boltim Sambut Gembira Instruksi Bupati Landjar

16 April 2019


BOLTIM – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Ahmad Sholeh, M.Pd menyambut gembira Instruksi Bupati Bolaang Mongondow Timur Nomor 39 Tahun 2019 tentang Penyetoran Penghasilan ASN dan Honorer Muslim untuk zakat, infaq dan sedekah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur melalui Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Selasa (16/04).

Dalam rangka mengoptimalkan pengumpulan dan pendistribusian serta pemberdayaan zakat, infaq dan sedekah, maka Bupati Bolaang Mongondow Timur menginstruksikan kepada Sekertaris Daerah dan para Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk melakukan koordinasi sesuai tugas dan fungsinya masing-masing dengan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dalam rangka megoptimalkan penyetoran penghasilan ASN dan Honorer Muslim untuk zakat, infaq dan sedekah melalui bendahara SKPD masing-masing di rekening gaji dan TKD ASN dan honorer Muslim.

Masih dalam instruksi Bupati, perhitungan untuk zakat penghasilan adalah total penghasilan (gaji + TKD) minimal 3.000.000 (tiga juta) sudah mencapai nishob (wajib zakat) dikurangi 45% untuk kebutuhan dasar maka berapapun sisanya dikenakan zakat 2,5%. Bagi ASN dan Honorer yang memiliki total penghasilan (gaji + TKD) masih kurang dari 3.000.000 (tiga juta) sebelum dikurangi 45%, belum mencapai nishob (belum wajib zakat) hanya membayar infaq dan sedekah minimal 25.000 (dua puluh lima ribu) rupiah.

Ditemui di ruangannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Boltim Ahmad Sholeh, M.Pd mengungkapkan kegembiraannya serta menyambut baik instruksi Bupati ini.

“Alhamdulillah, saya sangat senang dengan dikeluarkannya instruksi ini. Dengan adanya instruksi ini menjadi payung hukum terutama bagi BAZNAS Kabupaten untuk melaksanakan pengumpulan zakat, infaq dan sedekah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur”, ucap Ahmad.

Terpisah, Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kab. Boltim Kyai Abdul Rahman Modeong yang juga selaku Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Khoir Tebuireng 7 Buyat, saat dihubungi via telfon terkait instruksi ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kab. Boltim.

“Atas nama Ketua dan Komisioner BAZNAS Kabupaten Boltim kami menyampaikan banyak terimakasih kepada Bapak Bupati atas diterbitkannya instruksi ini. Semoga dengan dikeluarkannya zakat, infaq dan sedekah oleh ASN dan Honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Allah SWT menjadikan daerah ini menjadi daerah yang baik, aman, makmur dan selalu dalam rahmat Allah", tutup Kyai  Modeong. (gandi)


Aplikasi