Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Sabtu, 20 April 2019

Purukan Pimpin Doa Syukur Acara Tulude Kabupaten Minahasa Utara

5 February 2019


AIRMADIDI---Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Utara Pdt. Anneke M. Purukan, S.PAK, M.Pd menghadiri Perayaan Pesta Adat Tulude yang dilangsungkan di lapangan samping Gereja GMIM Bukit Sion Airmadidi Atas (3/2/19). Bagi masyarakat Nusa Utara, Tulude adalah ibadah syukur pergantian tahun; bersyukur boleh melewati tahun 2018 dan memasuki tahun 2019.  Acara ini diselenggarakan oleh Jemaat GMIM Bukit Sion Airmadidi Atas Wilayah Airmadidi Dua di bawah pimpinan Ketua BPMJ Pdt. Mouna Rumayar, M.Th.

Dalam acara Tulude Kabupaten Minahasa Utara ini, Purukan didaulat untuk memimpin doa syukur atas kasih dan kebesaran Tuhan Sang Pencipta yang telah menuntun dan membimbing segala makhluk ciptaan-Nya melewati tahun 2018 dan memasuki tahun 2019, tahun yang penuh berkat.

Ketika dikonfirmasi, Purukan menegaskan bahwa acara Tulude adalah tradisi pengucapan syukur khas masyarakat Nusa Utara yang sudah sangat terkenal bahkan diperingati secara luas, tidak hanya di kalangan masyarakat Nusa Utara.

"Tulude adalah acara syukur atas kasih dan kebesaran Tuhan Sang Pencipta semesta yang selalu setia menyertai sejarah perjalanan manusia. Tulude termasuk kearifan lokal yang menjadi sarana ucapan syukur dan membangun persaudaraan dan kerukunan sesama anak bangsa ciptaan Tuhan. Oleh karena itu kita patut bersyukur dan saling mendoakan termasuk berdoa bagi bangsa dan negara ini supaya aman dan sejahtera lahir dan batin", ungkap orang nomor satu di Kantor Kementerian Agama Minahasa Utara ini.  

Acara ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Pnt. Ir. Joppy Lengkong bersama Ibu Jeivi Wijaya, S.Th dan Ketua DPRD Minut Berty Kapoyos.  (adm)


Aplikasi