Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Senin, 17 Desember 2018

Melantik Kasubbag Hukum dan KUB, Abdul Rasyid: Jabatan Itu Amanah

9 November 2018


Manado---Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawewsi Utara Dr. H. Abdul Rasyid, M.Ag hari ini, Jumat (9/11) melantik dan mengambil sumpah pejabat eselon IV di lingkungan Kanwil Kemenag Sulut. Pejabat yang dilantik adalah Santi Kalangi, S.Th, M.Pd.K menjadi Kepala Sub Bagian Hukum dan Kerukunan Umat Beragama yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Bimas Kristen kantor Kementerian Agama Kota Tomohon. Santi Kalangi menggantikan pejabat sebelumnya, Anneke Purukan, S.Th yang kini menjabat Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Utara.  

Dalam sambutannya, Abdul Rasyid mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru dilantik sekligus berterima kasih atas pengabdian yang bersangkutan di Kemenag Kota Tomohon. 

"Ada beberapa hal yang mau saya titipkan kepada pejabat baru, bahwa posisi dan jabatan sebagai Kasubbag Hukum dan KUB merupakan jabatan strategis di lingkungan Kanwil Kemenag Sulut karena tugas, fungsi dan tanggung jawab yang diemban di Subbag Hukum dan KUB membutuhkan integritas dan tanggung jawab yang tinggi dalam menjalankan tugas baik secara internal maupun eksternal. Posisi Kasubbag Hukum dan fungsi KUB sangat penting karena berada di tiga posisi sekaligus. Pertama, menjembatani persoalan-persoalan internal di lingkup internal Kanwil Kemenag Sulut; kedua, dengan umat beragama dan yang ketiga, dengan pemerintah daerah sebagai mitra kerja", tegas Abdul Rasyid. 

"Terkait persoalan internal, itu menyangkut pemahaman terhadap regulasi, produk hukum yang berkaitan dengan tugas, fungsi dan tanggung jawab, semuanya bermuara pada penelaahan oleh Sub Bagian Hukum dan Kerukunan Umat Beragama. Saya berharap kita tetap jaga komitmen bersama untuk kemajuan Kanwil Kemenag Sulut ke arah yang lebih baik demi pelayanan prima kita kepada masyarakat. Terkait dengan umat beragama, FKUB masih menjadi jaringan dan pusat kerukunan umat beragama yang sangat penting. Oleh karena itu harus terus gelorakan semangat kerukunan antara umat beragama sampai pada tingkat kabupaten/kota sebagai mitra kerja kita", ungkap Abdul Rasyid. 

Mengakhiri sambutannya, Abdul Rasyid mengungkapkan pengalamnnya saat dilantik menjadi Kakanwil Kemenag Sulut. "Saya ingat betul saat saya dilantik, Pak Sekjen  mengingatkan kepada saya, jangan pernah membuat kegaduhan di dalam internal saudara. Oleh karena itu mari kita jaga bersama amanah dan marwah ini demi kemajuan kita bersama. Jabatan itu amanah dari Tuhan kepada kita semua dan akan terus bergulir dan dinamis dalam sebuah organisasi seperti halnya kita di lingkup Kemenag Kanwil Kemenag Sulut. Itu hal yang biasa demi kebaikan organisasi. Yang jelas, gelora semangat lima nilai budaya kerja kita harus menjadi spirit dasar yang menjiwai kita untuk bekerja dengan baik sampai pada saatnya Tuhan menunjuk kita melalui pimpinan untuk mengemban amanah yang dipercayakan kepada kita masing-masing", kunci Abdul Rasyid. (hm)


Aplikasi