Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Senin, 17 Desember 2018

MTs Negeri 1 Bolmong Jadi Sekolah Ramah Anak

1 November 2018


LOLAK – Sekolah Ramah Anak adalah satuan pendidikan formal, non formal, dan informal yang aman, bersih, dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, dan menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya.

Oleh pemerintah setempat MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow dipandang layak untuk diberikan predikat sebagai sekolah ramah anak tingkat SMP/MTs di Kabupaten Bolmong.

Kamis (1/11) di halaman MTsN 1 Bolmong, Lolak, telah berlangsung Deklarasi Sekolah Ramah Anak sekaligus pembentukan Tim Pengurus Sekolah Ramah Anak Tahun 2018.

Sebagai bentuk dukungan deklarasi, pada kesempatan itu seluruh pejabat dan undangan yang hadir serta siswa melakukan penandatanganan pada Spanduk Deklarasi Sekolah Ramah Anak.

Kepala Kantor Kemenag Bolmong melalui Kasi Pendidikan Madrasah, Ibrahim Gani menyambut positif kegiatan ini sekaligus berharap kegiatan serupa akan menyebar ke seluruh madrasah.

"Mudah-mudahan ke depan dapat diadopsi seluruh madrasah negeri dan swasta di Bolmong, bahkan kalau bisa akan diperingati bersama-sama setiap tahun yakni pada 1 November," harap Gani.

Sementara itu menurut Kadis Pendidikan Kabupaten Bolmong diwakili Sekretaris Dinas, Mansyur Paputungan SSos, berharap melalui momen ini para guru dapat memberikan konsep pembelajaran dan pendidikan yang baru agar dapat menaikkan keinginan belajar anak.

"Dengan demikian kita ingin seluruh siswa MTsN 1 Bolmong menjadi anak yang sukses dan berhasil sesuai cita-cita dan harapan sekolah, orangtua dan bangsa," ungkapnya.

Lebih lanjut, siswa diajak untuk terlibat dalam Outdoor Classroom Day atau belajar di luar kelas melibatkan seluruh siswa MTsN 1 Bolmong.

Nuhran Soga selaku Kepala MTsN 1 Bolmong menyebut Outdoor Classroom Day bertujuan membangun hubungan anak dengan lingkungan, tidak jenuh dalam kelas.

"Dengan demikian proses belajar akan lebih menyenangkan dengan berinteraksi langsung di alam terbuka, menghirup udara segar sehingga dapat meminimalisir kejenuhan dan stress pada siswa," kata Soga.

Mantan Kepala MAS An Nur Lolak ini tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Bolmong yang telah mendukung Deklarasi Sekolah Ramah Anak ini.

Tampak hadir dalam deklarasi tersebut perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pemkab Bolmong, serta sejumlah guru dan ASN di lingkungan Kemenag Bolmong. (dek)


Aplikasi