Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Minggu, 21 Oktober 2018

Perjusami MAN 1 Bolmong Diwarnai Berbagai Lomba

8 October 2018


DUMOGA – Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) merupakan agenda ekstrakurikuler tahunan MAN 1 Bolaang Mongondow.

Usai Penilaian Tengah Semester (PTS), sejumlah siswa yang tergabung dalam Pramuka mengikuti Perjusami yang dilaksanakan 5 – 7 Oktober 2018 bertempat di bumi perkemahan MAN 1 Bolmong, Mopuya Selatan I.

Kepala MAN 1 Bolmong, Fithriyah Maspeke menuturkan Perjusami ini diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas X sampai XII.

"Pramuka adalah kegiatan ekskul wajib di MAN 1 Bolmong, karena itu seluruh siswa wajib ikut," ujar wanita berjilbab ini.

Lanjutnya, kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang kepramukaan, membentuk karakter generasi muda bangsa serta melatih sikap disiplin dan cinta tanah air.

Selain itu Perjusami juga menjadi ajang seleksi untuk perkemahan Penegak tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

Maspeke menyebut tiga tahun terakhir, selalu ada peserta didiknya yang terpilih untuk mengikuti Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN).

"Bahkan tahun 2017 yang lalu ada tiga peserta dan satu pembina terpilih sebagai peserta Raimuna Nasional di Cibubur," ungkapnya bangga.

Lebih lanjut Pembina Pramuka sekaligus Ketua Panitia, Iwan Setiawan menyebut sejumlah lomba digelar di sela-sela Perjusami yakni lomba Ketrampilan Kepramukaan Untuk Penegak, PioneringUp Late, PBB, Hiking dan lain-lain.

"Selain itu ada juga berbagai lomba seni seperti Puisi, Busana Muslim, Kaligrafi, Stand Up Comedy dan Lomba Kreasi Masak," pungkasnya.

Tercatat prestasi MAN 1 Bolmong di bidang Pramuka antara lain Juara umum Jambore Kemah Bhakti Penegak se-Bolmong tahun 2015, dan Juara Umum Tingkat Penegak pada Kemah Bakti III se-Bolmong Raya tahun 2017. (dek)


Aplikasi