Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Minggu, 21 Oktober 2018

Kakanwil: Amalkan Ajaran Agama Kita Dalam Konteks Keindonesiaan

5 October 2018


Manado -- Bidang Pendidikan Agama Kristen menyelenggarakan kegiatan Bina Rohani dan Bela Negara bagi siswa Sekalah Menengah Teologia Kristen (SMTK) dan Sekolah Menengah Agama Kristen (SMAK). Kamis, (04/10).

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membina mental dan spiritual peserta didik dalam bingkai Iman Kristen dan membangun semangat patriotisme atau semangat kepahlawanan dalam membela kepentingan negara dan bangsa," kata Ketua Panitia, Arvil Moningka.

Kakanwil Kemenag Sulut Dr. H. Abdul Rasyid, M.Ag dalam arahannya saat membuka kegiatan mengajak para peserta didik untuk menghayati dan mengamalkan ajaran agama dengan sungguh-sungguh.

"Mari bersemangat menggali lebih dalam lagi tentang ajaran agama serta berkomitmen menjaga keyakinan itu dengan kuat," tutur Kakanwil.

Dengan semangat seperti itu, orang nomor satu di jajaran Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara ini memastikan bahwa keteguhan iman di hati kita sudah tertanam kuat.

Suami Hj. Irma Hunta, S.Ag ini mengajak para siswa untuk mempraktekkan ajaran agama sesuai dengan konteks keindonesiaan kita.

"Aktualisasikan ajaran agama kita masing-masing sesuai dengan ciri khas Indonesia yang sekarang populer disebut moderasi agama," ajak Rasyid.

Mantan Karo IAIN Gorontalo ini mengingatkan tentang potensi gangguan dan ancaman di daerah jika di dalam masyarakat terjadi gesekan fisik antar pemeluk agama karena kurangnya pemahaman ajaran agama masing-masing.

"Radikal dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran agama itu perlu dan boleh untuk memperkuat keyakinan kita; yang tidak boleh itu adalah menganggap bahwa kitalah paling benar dan penganut yang lain salah. Itu yang tidak boleh," tegas Rasyid.

Turut hadir dan mendampingi Kakanwil, Kabid Pendidikan Kristen Drs. Jiffry F Kawung, M.Si serta seluruh kepala seksi di Bidang Pendidikan Kristen. (ies).


Aplikasi