Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Minggu, 21 Oktober 2018

Bertemu 30 Tokoh Agama, Ini Kata Kepala Kemenag Bolmong

2 October 2018


LOLAK – Sekitar 30 tokoh agama dari unsur agama Islam, Kristen, dan Hindu di Kabupaten Bolaang Mongondow mengikuti Dialog Lintas Agama Tingkat Kabupaten pada Senin (1/10).

Kegiatan yang merupakan program kerja Kerukunan Umat Beragama Kemenag Bolmong ini berlangsung di salah satu gedung MTsN 1 Bolmong, Lolak dan dibuka langsung Kepala Kantor Kemenag Bolmong, Drs Tavip Pakaya.

Dalam sambutannya, Tavip Pakaya meminta seluruh peserta yang merupakan tokoh/perwakilan agama di Bolmong untuk mampu menjadi pembawa misi keharmonisan dan kerukunan di tanah Totabuan.

Lanjutnya, Kemenag Bolmong berupaya memberikan wadah kepada tokoh-tokoh lintas agama untuk temu silaturahmi sekaligus menumbuhkembangkan paham cinta kasih, toleransi dan saling memahami di tengah-tengah masyarakat yang majemuk.

"Kita ingin tokoh-tokoh agama yang hadir di sini menjadi pelopor hidup rukun dan damai dalam perbedaan suku, agama, dan budaya," ujar Tavip.

Apalagi tantangan ke depan akan memasuki tahun politik yang rentan terhadap gesekan akibat berbeda pandangan dan pilihan politik.

"Jangan sampai ada gesekan yang berujung pada sentimen SARA. Di sinilah tokoh-tokoh agama harus berperan dalam menjaga kerukunan agar tak terpecah belah akibat politik," imbau orang nomor satu di Kemenag Bolmong ini.

Terinformasi, kegiatan Dialog Lintas Agama ini menghadirkan tiga narasumber yakni Drs. Tavip Pakaya, Ketua FKUB Kabupaten Bolmong Hj. Ulfa Paputungan, dan penceramah kondang Ustadz Yusuf Danny Pontoh.

"Ketiganya akan menyampaikan materi seputar upaya peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan yang multikultur," tandas Ketua Panitia, Fildawati Kandoli. (dek)


Aplikasi