Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Senin, 24 September 2018

Rumondor: Mari Lakukan Segala Sesuatu Dengan Hati

5 July 2018


Amurang, - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Selatan hari ini (Kamis, 5/7) mengadakan halal bi halal. 

Menurut Ketua Panitia Halal Bi Halal sekaligus Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Minsel H. Purwoto, SH halal bi halal kali ini dibuat sederhana namun penuh arti. "Halal bi halal kali ini dibuat sederhana dengan konsep outdoor, dibuat di luar ruangan sehingga tidak pengab dan kita bisa menghirup udara segar sambil menjalin tali silaturahmi di antara kita". 

"Saya mengucapkan selamat datang dan berterima kasih kepada seluruh hadirin yang bersedia hadir mengikuti acara ini, dan mohon maaf bila ada yang kurang dalam pelaksanaan acara ini", ungkap Purwoto. 

Acara halal bi halal ini diisi dengan ceramah oleh Ketua MUI Minahasa Selatan H. Ishak Achmad. Dalam ceramahnya, Ketua MUI Minsel mengungkapkan bahwa tradisi halal bi halal adalah khas Islam Indonesia. 

"Inti dari halal bi halal adalah saling memaafkan, saling membuka dan membersihkan hati setelah dalam susana dosa, suasana haram, dan sekarang saling membuka sekat, menyingkirkan penghalang, meluruskan benang kusut di hati kita serta mencairkan kebekuan hati kita sehingga kita dapat lebih erat membangun komunikasi dan relasi yang sejuk, menjalin tali silaturahmi dan bekerja sama serta membangun kebersamaan di antara kita". 

"Di dunia ini, hanya ada dua hal yang harus diingat yaitu kebaikan orang lain dan kesalahan diri sendiri; ada pula dua hal yang harus dilupakan, yaitu kebaikan kita kepada orang lain dan kesalahan orang lain kepada kita, dengan demikian kita dapat hidup secara harmonis dan bahagia lahir dan batin", beber Ishak Achmad. 

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Selatan Jansje A. H. Rumondor, M.Th menegaskan bahwa halal bi halal adalah saat melepas sekat-sekat yang membebani kita, kembali menata pola rasa, pola pikir dan pola tindak kita untuk membangun kebersamaan dan kerja sama yang lebih efektif, efisien dalam susana kebersamaan yang sejuk dan damai. "Ingat, moto Kementerian Agama adalah ikhlas beramal; itu artinya kita diajak untuk melakukan segala sesuatu dengan hati. Bekerja dengan hati, menjalin relasi dan komunikasi dengan hati serta membangun kebersamaan dengan hati", kunci Rumondor. 

Di akhir sambutannya Rumondor berpesan kepada para penyuluh agama non PNS sebagai ujung tombak di masyarakat untuk lebih giat memperkenalkan Kementerian Agama di tengah masyarakat dengan teladan hidup yang baik sehingga citra Kementerian Agama berkenan di hati masyarakat dan Kementerian Agama makin dikenal oleh masyarakat luas. 

Hadir dalam acara halal bi halal ini antara lain perwakilan dari Pemkab Minsel, Camat Amurang Barat serta keluarga para ASN yang mengabdi di Kemenag Minsel. (HM).


Aplikasi