Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Rabu, 18 Juli 2018

Pendaftaran Online Pengajuan PPG Guru PAK Berakhir Besok

5 July 2018


LOLAK – Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Kristen di lingkungan Kemenag Bolmong telah dibuka sejak 25 Juni hingga 6 Juli 2018 besok hari.

PPG sendiri merupakan salah tahapan yang harus ditempuh para Guru Pendidikan Agama Kristen untuk memperoleh sertifikat profesi guru sebagai salah satu syarat untuk menerima Tunjangan Profesi Guru (TPG).

Penyelenggara Kristen Kemenag Bolmong, Pendeta Effert Dodolang mengatakan pendaftaran PPG ini dilakukan secara online melalui aplikasi SIMPATIKA.

Namun, lanjutnya para guru harus memenuhi sejumlah syarat administrasi sebagaimana ditentukan secara nasional

"Jadi pendaftarannya dilakukan secara online dengan login melalui layanan aplikasi SIMPATIKA Kemenag. Selain itu para guru yang mendaftar ini juga harus memenuhi sejumlah persyaratan administrasi lain. Nah syarat administrasi ini bersifat wajib dan harus dipenuhi," terang Effert Dodolang.

Di sisi lain Pendeta Effert mengakui para guru cukup terkendala dengan salah satu syarat yang ditetapkan yakni pada kepemilikan SK pengangkatan pertama bagi guru PAK Non PNS yang diangkat sebelum tanggal 31 Desember 2005 yang dibuktikan dengan SK pejabat berwenang (Menteri/Gubernur/Bupati/Walikota), Ketua Yayasan penyelenggaraan pendidikan berbadan hukum.

"Nah masalahnya sebagian besar guru PAK Non PNS tersebut mengajar secara sukarela. Kalaupun honor, maka SK nya hanya diterbitkan oleh Kepala Sekolah atau paling tinggi Kepala Dinas Pendidikan," ungkapnya.

Meski demikian, pria berdarah Ambon ini tetap optimis dan berharap para guru PAK Bolmong yang mendaftar akan lolos untuk mengikuti PPG.

"Tetap kami daftarkan sesuai prosedur," tutupnya.

Terinformasi, syarat-syarat administrasi yang harus dipenuhi Guru PAK untuk mengajukan PPG melalui SIMPATIKA yaitu :

1.       Guru PAK PNS yang diangkat sebelum tanggal 31 Desember 2005 dibuktikan dengan SK pengangkatan, atau guru PAK yang diangkat setelah tahun 2005 tetapi telah melaksanakan tugas sebagai guru PAK Non PNS sebelum tanggal 31 Desember 2005 secara terus menerus dibuktikan dengan SK pejabat berwenang (Menteri/Gubernur/Bupati/Walikota), Ketua Yayasan penyelenggaraan pendidikan yang berbadan hukum dan Surat Keterangan Pembagian Tugas Mengajar (secara terus menerus terhitung mulai tanggal ditetapkan sebagai guru PAK PNS oleh Kepala Sekolah)

2.       Guru PAK Non PNS yang diangkat sebelum tanggal 31 Desember 2005 dibuktikan dengan SK pejabat berwenang (Menteri/Gubernur/Bupati/Walikota), Ketua Yayasan penyelenggaraan pendidikan yang berbadan hukum dan Surat Keterangan Pembagian Tugas Mengajar (secara terus menerus terhitung mulai tanggal ditetapkan sebagai guru PAK PNS oleh Kepala Sekolah)

3.       Berusia maksimal 58 tahun pada tanggal 31 Desember 2018

4.       Kualifikasi pendidikan adalah S1/D-IV dari Prodi PAK atau Prodi Teologi/Kependetaan yang memiliki Akta IV

5.       Memiliki NUPTK, terdaftar di SIMPATIKA, memiliki Bintang Empat minimal berwarna kuning

6.       Memiliki surat keterangan sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah

7.       Surat keterangan bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) darai BNN/yang berwenang

8.       SKCK dari kepolisian sektor

9.       Pendaftaran secara online berakhir pada 6 Juli 2018 pukul 23.59 WIB. (dek)


Aplikasi