Website Kanwil Kemenag Provinsi Sulut
Cinque Terre

Rapat FKUB Boltim Bahas Verifikasi Rumah Ibadah

16 May 2018


Tutuyan - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Bolaang Mongondow Timur  (Boltim) melaksanakan rapat yang bertempat di ruang kerja Kepala Badan Kesbangpol Kab. Boltim, Rabu (16/5), dan dipimpin langsung oleh Ketua FKUB Abdul Johar Makangiras,dan dihadiri oleh Kassubag TU Kemenag Boltim Abdul Syukur, SPd yang juga adalah Sekertaris FKUB,

Adapun agenda yang dibahas adalah pemasangan spanduk menjelang hari besar umat beragama yang akan ditempatkan di empat titik yaitu di perempatan desa molobog menuju tutuyan dan nuangan, Tutuyan induk, desa Modayag Induk, dan Kotabunan.

Selain itu adapun agenda yang dibahas adalah verifikasi rumah ibadah yang memasukan permohonan rekomendasi untuk mendirikan atau merenofasinya. Dan menjadi tugas FKUB untuk turun langsung meninjau kondisi dilapangan.

Ketua FKUB Abdul Johar Makangiras memaparkan agar personil yang ditugaskan akan dibekali dengan Surat Tugas agar statusnya legal dan mempunyai dasar hukum tentunya.

“ personil FKUB yang nantinya ditugaskan akan dibekali dengan Surat Tugas agar mempunyai bukti dan dasar hukum yang akurat dalam melaksanakan tugas” ungkap pria berdarah Sanger ini.

“kita juga nantinya akan meninjau kondisi para jemaat dari rumah ibadah tersebut, apakah betul berjumlah 90 orang dan 60 orang pendukung yang sesuai dengan isi permohonan rumah ibadah yang melampirkan data dari jemaat dan warga sekitar yang mendukung” ujar Abdul. “ Kalau nantinya tidak sesuai dengan isi dari permohonan alias ditemukan data yang fiktif maka tidak akan dikeluarkan rekomendasi”, tambahnya.

Selanjutnya, dalam rapat ini telah dibagi 3 tim masing-masing berjumlah 5 orang yang akan bertugas pada verifikasi rumah ibadah,(Jim)