Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Minggu, 21 Oktober 2018

Gani : Kemenag Bolmong Gelar KSM Tingkat Kabupaten

12 May 2018


DUMOGA – Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Demikian disampaikan Ketua Panitia KSM Tingkat MI, MTs, dan MA Kabupaten Bolaang Mongondow Tahun 2018, Muhamad Husain dalam laporannya pada Sabtu (12/5).

Tercatat sekira 74 siswa mengikuti KSM tingkat MI, MTs, dan MA yang digelar di gedung MAN 1 Bolmong, Mopuya, Dumoga Utara.

Husain menyebut sejumlah mata pelajaran yang dilombakan yakni:

  1. Tingkat MI : Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi
  2. Tingkat MTs : Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi
  3. Tingkat MA : Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi

"Seluruh peserta terbagi dalam enam ruang dan masing-masing diawasi oleh seorang pengawas," ujar Husain.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Bolmong melalui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Ibrahim Gani berharap KSM akan mengembangkan minat dan bakat siswa madrasah di bidang sains, serta memiliki motivasi untuk meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual.

"Yang paling utama adalah terjaringnya siswa berprestasi di bidang sains untuk berkompetisi pada ajang serupa di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional," kata Gani saat membuka kegiatan.

KSM kali ini menurut pria asal Amurang ini, menggunakan metode yang berbeda dibanding KSM tahun-tahun sebelumnya.

"Bahkan untuk pertama kali KSM digelar secara serentak di kabupaten/kota di seluruh Indonesia hari ini, dengan soal yang sama yang diunduh melalui Aplikasi KSM Kemenag RI secara online," terangnya.

Ibrahim Gani juga mengatakan proses pendaftaran pesertanya-pun dilakukan secara online melalui login aplikasi sejak sebulan yang lalu.

Hal ini menurutnya dapat meminimalisir kecurangan atau kebocoran soal karena disiapkan dengan sangat ketat.

"Termasuk lembar jawabannya akan langsung diperiksa usai lomba. Dengan demikian diharapkan hasilnya akan maksimal," kunci Gani.

Terinformasi, pada pemenang pertama di tingkat Kabupaten Bolmong selanjutnya akan mengikuti KSM Tingkat Provinsi Sulut pada 25 Juli 2018 mendatang. (dek)


Aplikasi