Website Kanwil Kemenag Provinsi Sulut
Cinque Terre

Rasyid: Pastikan Buku Nikah Yang Diperoleh Adalah Sah

15 April 2018


Manado -- Dua Kepala Kanwil bertemu dan berbagi tugas pada acara Resepsi Pernikahan Mar'atul Jannah S. Habu, SHI dan Zulkarnain Makatutu SHI, anak Kasubag Umum Sudirman Habu yang diselenggarakan Sabtu, (14/4). Malam di Jumbo Restoran.

Kakanwil Kemenag Sulut Dr H Abdul Rasyid MAg yang mendapat giliran pertama memberikan sambutan mengucapkan selamat menempuh hidup baru kepada kedua mempelai Jannah dan Agung.

"Atas nama pribadi, keluarga dan jajaran Kanwil Kemenag Sulut mengucapkan Selamat kepada Adinda Jannah dan Agung serta kepada kedua orang tua dan seluruh keluarga besar Habu dan Makatutu," tutur Kakanwil.

Orang nomor satu di Jajaran Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara ini mengajak masyarakat yang akan melangsungkan pernikahan untuk mencatatkan pernikahannya.

"Kita semua ingin memastikan bahwa pernikahan anakda berdua (Jannah dan Agung-red) tercatat pada KUA," terangnya.

kita juga ingin memastikan bahwa buku nikah yang diperoleh adalah sah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

"Pastikan buku nikah yang diperoleh telah terverifikasi dengan baik, sehingga mendapat legitimasi yang kuat dari negara," tegas Rasyid.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Gorontalo H Kudrat Dukalang SAg MPd dalam nasihat perkawinan menyatakan agar kedua mempelai dalam mengarungi bahtera rumah tangga untuk saling menghargai dan menghormati.

"Agung harus bisa menghargai orang tua Jannah dan begitupun sebaliknya Jannah harus menghormati orang tua dan keluarga Agung. Karena pada dasarnya perkawinan itu bakan hanya menyatukan kedua pengantin, tetapi menyatukan dua keluarga besar dalam bentuk silaturahmi," tutur Dukalang.

Hadir dalam acara resepsi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Irma Hunta SAg, Kabag TU Dra Hj Pastita Kartiman MSi, Kabid Bimas Islam Drs H Ulyas Taha MPdI, Kabid Pendidikan Kristen Drs Jiffry F Kawung MSi, Kabid Urusan Kristen Gembala Cynthia Evangeline Sepang, Kakan Kemenag Kota Manado Irwan Musa MSi, Kakan Kemenag Mitra Aswin Kyai Demak MPd, Kakan Kemenag Kota Tomohon Simon Rawis serta Kasubag Informasi dan Humas Drs Hartono Bawenti MH. (ies).