Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Minggu, 31 Mei 2020

Siswa MTs Dan MA Ikuti Sosialisasi Undang-Undang ITE

2 March 2018


Tahuna,- Siswa MTs Negeri 1 Kepulauan Sangihe dan MA Yapist Tahuna mengikuti sosialisasi undang-undang ITE yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe dalam program Jaksa Masuk Sekolah (JMS). (1/3) .

Kegiatan yang bertajuk "Kenali Hukum Jauhi Hukuman." dilaksankan di aula MTsN 1 Kepulaun Sangihe.Turut hadir dalam sosialisasi Kepala MTsN 1 Kepulauan Sangihe,Kepala MA Yapist Tahuna,serta staf dewan guru MTs dan MA.

Dalam paparan materinya Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tahuna Erwan Budi Harianto,S.H menyampaikan beberapa  hal bagi para penghuna media sosial (medsos) agar tidak melakukan perbuatan dilarang oleh undang-undang ITE seperti: Membuat membagikan/memberikan yang bernuansa kesusilaan (Pasal 45 ayat 1 UU ITE), Mengancam dan mencemarkan nama baik seseorang (Pasal 45 ayat 2 UU ITE), Berita bohong/hoax (Pasal 45 A UU ITE), Muatan perjudiam (Pasal  45 ayat 2 UU ITE),Hate speech/ujaran kebencian (Pasal 45 A ayat 2 UU ITE),Mengancam dengan/menakut-nakuti secara pribadi (Pasal 45 B UU ITE). Sanksi hukum yang diberikan adalah penjara maksimal 6 tahun penjara/denda maksimal 1 milyar rupiah.

Akhir dari materimya beliau memberikan tips kepada para siswa,agar terhindar dari jeratan hukum, karena salah membuat status di media soaial: Berkomunikasi dengan sopan dan santun,Tidak berkomentar negatif pada elektronik atau media sosial,Tidak membagikan dan membuat berita bohong yamg berisikan sara,perjudian dan pelanggaran kesusilaan, Bersikap bijak dengan media elektronik khisusnya media sosial.

Hal senada juga disampaikan Kepala MTs Negeri 1 Kepulauan Sangihe Drs.Muh. Sain Lawemdatu,menegaskan bahwa bersikap bijak dalam menggunakan media sosial, gunakanlah  media sosial ke hal-hal yang positif Jika salah mengghunakan maka dapat menjerumuskan kita ke masalah hukum, ujar Lawendatu.(arf)


Aplikasi