Website Kanwil Kemenag Provinsi Sulut
Cinque Terre

Tilaar : Guru Adalah Profesi Penuh Tantangan

14 February 2018


LOLAK – Kepala Bidang Pendidikan Agama Kristen, Pendeta Jhon Tilaar menyebut Guru Agama Kristen harus menanamkan pondasi keimanan yang kuat pada anak didik.

Hal itu disampaikan Tilaar pada Workshop Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Kabupaten Bolmong, Rabu (14/2).

Disebutkannya, menjadi guru adalah profesi penuh tantangan. Kenapa? Karena jika anak pintar maka yang ditanya adalah siapa orangtuanya, namun  sebaliknya jika sang anak bermasalah maka yang lebih dahulu dipertanyakan adalah siapa guru agamanya.

Karena itulah mantan Kepala Kemenag Minahasa Utara ini meminta Guru PAK selain mampu menanamkan keimanan juga harus mampu menjadi role model.

"Guru Pendidikan Agama Kristen harus menjadi role model dan menjadi alat kesaksian baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat," kata Tilaar.

Ia juga menghimbau Guru PAK untuk mendidik siswa dengan baik agar menjadi anak yang mandiri dan memiliki daya kreasi tinggi.

Sebagaimana diketahui dalam hal pengawasan dan supervisi guru-guru PAK di Bolmong sangat terkendala ketiadaan pengawas PAK.

Hal yang juga menjadi keluhan para Guru PAK ini direspon positif Tilaar dengan meminta Penyelenggara Kristen untuk mengusulkan ASN yang memenuhi syarat untuk diangkat dalam jabatan pengawas.

"Silahkan masukkan saja usulannya sesuai kebutuhan. Jika usulan sudah masuk pasti kita tindaklanjuti," ujar pria berkaca mata ini.

Pendeta John Tilaar juga memberikan apresiasi kepada sekira 30 Guru PAK yang mengikuti Workshop Pengembangan Kompetensi yang sebagian berstatus Non PNS.

Ia meminta seluruh Guru PAK tetap menjaga integritas dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai Guru Agama Kristen.

"Jadikanlah pekerjaan anda sebagai ladang amal kebaikan supaya hidup menjadi berkat bagi banyak orang," pungkas Tilaar. (dek)