Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Rabu, 15 Agustus 2018

Sosialisasi Cash Management System Di Kemenag Boltim

14 February 2018


Tutuyan- CMS (Cash Management System) adalah salah satu jenis jasa layanan pengelolaan keuangan  yang ditujukan untuk nasabah non-perorangan (perusahaan/lembaga) di mana nasabah yang bersangkutan dapat melakukan pengelolaan keuangannya langsung melalui fasilitas online.Dalam rangka meningkatkan layanan kepada para nasabah maka BRI Cabang Kota Kotamobagu melaksanakan sosialisasi transaksi melalui layanan Cash Management System,(14/2).

Sosialisasi yang dilaksanakan sejak pukul 10.00 wita memperkenalkan system dari CMS yang dinilai akan mempermudah segala transaksi pembayaran non tunai sehingga dapat diterima langsung melalui rekening masing-masing, misalnya pembayaran gaji dan uang transport perjalanan dinas, dan proses registrasinya hanya melalui pengisian formulir registrasi CMS BRI, membaca, memahami isi, dan menandatangani Syarat & Ketentuan CMS BRI, melampirkan photocopy dokumen-dokumen, yaitu : Akta Pendirian Perusahaan dan Akta Perubahan Terakhir, SIUP atau TDP atau Ijin Usaha lainnya, Dasar kewenangan bertindak dari pemohon aplikasi CMS BRI, KTP atau SIM atau Paspor atau KITAS atau Kartu Identitas lain dari para pihak di perusahaan atau kantor (pemberi kuasa dan yang diberi kuasa), dan setiap pemegang User ID yang ditunjuk oleh nasabah harus memiliki alamat email pribadi yang aktif.

Pihak Bank pun akan memberikan kelengkapan kepada pengguna CMS, diantaranya User ID dan Password untuk dua User level System Administrator atau lebih tergantung kepada jumlah PPK dalam 1 satker, User Admin dan User SysAdmin yang akan berwenang dan bertanggung jawab melakukan setting aplikasi CMS BRI, meliputi, Transaction Management (model Maker-Verifier-Approver), Usermanagement (penambahan/perubahan/penghapusan/ pemblokiran/enable User ID baru, reset Password User ID), Authority Management (kewenangan akses terhadap rekening dan fitur, User level dan limit transaksi), dan Reporting Management (kewenangan akses terhadap report/laporan yang dapat diakses), perangkat Token untuk User SysAdmin, User yang ditunjuk oleh Client sebagai User Signer, dan/ atau User lain yang secara khusus diminta oleh Client untuk dilengkapi Token serta buku panduan operasional Praktis CMS BRI dan panduan operasional Admin & SysAdmin CMS BRI.

Selanjutnya, Kepala Kantor Kementerian Agama yang ditemui tim redaksi memberikan apresisasi atas terlaksananya sosialisasi dari Bank BRI dan akan segera menindaki apa yang disosialisasikan, agar kemenag Boltim segera menggunakan layanan pembayaran non tunai untuk kemudahan transaksi pembayaran.

 

 


Aplikasi