Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Minggu, 21 Oktober 2018

Kakanwil: Al-Marhum Adalah Orang Baik

13 February 2018


Manado -- Almarhum adalah sosok ASN pekerja keras. Dari laporan yang saya terima, beliau lebih banyak bekerja di dalam ruangan ketimbang berada diluar kantor bahkan separuh hidupnya di abdikan dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Demikian ungkapan kalimat Kakanwil Kemenag Sulut Dr H Abdul Rasyid MA saat memberikan sambutan pada Ta'jiah malam ketiga atas meninggalnya almarhum Sadik Rabana SE. Selasa, (13/02).

Lebih jauh orang nomor satu di Jajaran Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara ini menjelaskan inilah contoh seorang ASN yang benar-benar memiliki tanggungjawab pada tugasnya.

"Kehadiran kita semua, bahkan banyak yang datang dari luar kota membuktikan bahwa almarhum adalah orang baik," tutur Kakanwil.

Karena itu melalui kesempatan ini, saya mengajak kita semua untuk selalu mengingat kematian. Dengan mengingat mati, kita semua akan selalu berusaha untuk berbuat yang terbaik bagi banyak orang.

"Kita semua tak pernah tau kapan akan dipanggil oleh yang Maha Kuasa, Allah SWT," ujar Rasyid.

Fitria Poli, Istri Almarhum Sadik Rabana, SE saat memberikan sambutan keluarga menceritakan bagaimana proses perjalanan hidup suaminya membangun rumah tangga hingga dipanggil Allah SWT, Minggu pukul 16.lewat 22 menit.

"17 tahun membina rumah tangga, sedikitpun beliau tidak pernah menyakiti saya dan anak-anak. Almarhum adalah sosok penyayang keluarga dan tidak pernah berlaku kasar kepada kami," ungkap Poli mengenang kebersamaan saat bersama suami.

Ibu dua anak ini mengungkapkan, Kami; saya dan anak-anak mendapat ujian sangat berat karena kehilangan sosok seorang imam yang benar-benar mencintai keluarga.

"Kami keluarga telah berjuang maksimal, berikhtiar merawat suami untuk kesembuhannya. Beliau tiga kali pindah dan keluar masuk rumah sakit, sebagai Istri saya selalu menguatkannya... namun Allah lebih menyayangi beliau,". terang Fitria sambil menangis.

Hadir dan memberikan tausiyah Al-ustadz H Rizal Kasim yang mengupas makna Ta'ziah dari aspek seremoni, ritual dan fungsional, Anggota DPRD Provinsi Sulut dari Fraksi PAN H Ayub Ali Albugis, yang turut memberikan sambutan sebagai tokoh masyarakat, Ketua Dharma Wanita Kanwil Kemenag Sulut Irma Hunta SAg, Kakan Kemenag Kota Manado H Rikson Hasanati MPdI, Kakan Kemenag Kota Bitung H Ulyas Taha MPd, Kasubag Informasi dan Humas Drs Hartono Bawenti dan Kasubag TU Kemenag Manado Irwan Musa. (ies)


Aplikasi