Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Senin, 22 Oktober 2018

Masuk Tahun Anggaran 2018, Tavip Siapkan Strategi

12 January 2018


LOLAK – Sejumlah permasalahan dalam pengelolaan anggaran dan kegiatan pada satker di lingkungan Kemenag Bolmong terungkap pada rapat evaluasi, Kamis (11/1) kemarin.

Untuk menemukan dan mengevaluasi kendala yang ditemukan pada tahun anggaran 2017, Drs Tavip Pakaya selaku Kepala Kantor Kemenag Bolmong melakukan pemetaan ke dalam sejumlah kategori permasalahan yakni Regulasi Sistem dan Aplikasi, Pengelolaan Aset, Pengelolaan SDM, dan Pengelolaan Keuangan.

Dari penyampaian seluruh kepala seksi/penyelenggara serta pimpinan satker madrasah ditemukan sejumlah persoalan yang dominan yakni penyesuaian regulasi yang kadang belum dipahami lalu telah berubah.

Selain itu, minimnya SDM pengelola administrasi dan keuangan di madrasah yang berkompeten juga dipandang menjadi kendala pencapaian kinerja.

Tavip juga menemukan sejumlah asset satker madrasah yang belum memiliki IMB.

Kendala-kendala yang dipandang menghambat kinerja pengelolaan anggaran dan kegiatan tahun 2017 tersebut, lanjut Tavip, harus segera ditemukan solusinya pada tahun 2018 ini.

"Jangan sampai persoalan yang sama menghambat kinerja kita di tahun anggaran 2018 ini," ujar Tavip.

Sementara itu untuk mempersiapkan pengelolaan anggaran yang lebih baik di tahun 2018, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi.

"Beberapa strategi yang kami rancang yaitu dengan melakukan telaah DIPA, menyiapkan Rencana Kerja, Instrumen Kegiatan, dan mengidentifikasi permasalahan yang mungkin ditemui," beber orang nomor satu di Kemenag Bolmong ini.

Terakhir, Tavip juga meminta seluruh satker dan unit kerja untuk melaksanakan kegiatan tahun 2018 secara benar berdasarkan TOR yang telah disusun dengan baik.

"TOR yang menjadi panduan pelaksanaan kegiatan harus disusun dengan baik. Jangan asal copas. Karena TOR sangat menentukan kegiatan terealisasi dengan baik atau tidak, ouputnya tepat atau tidak," kunci Tavip. (dek)


Aplikasi