Kunjungi Arama, Plt. Dirjen Bimas Buddha Serahkan 400 Juta

Minggu, 22 Mei 2022 00:58 Wita.

Kolongan Minut --- Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara mendapat kehormatan dengan kedatangan Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Bimbingan Masyarakat Buddha Nyoman Suriadarma yang tiba di Manado dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia. Sabtu, (21/5). Kemarin.

Kedatangan orang nomor satu dilingkungan Ditjen Bimas Buddha ini, tak hanya memiliki agenda kerja di Bumi Nyiur Melambai saja, tetapi juga membawa bantuan untuk pembangunan tempat ibadah umat Buddha.

Hal tersebut disampaikan Dirjen Bimas Buddha Nyoman Suriadarma saat melakukan kunjungan kerja di Vihara Arama Kebun Kesadaran yang berlokasi di Desa Kolongan Kecamatan Mapanget Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara.

"Kita upayakan bantuan ini bisa tiga kali berturut-turut," ungkap Suriadarma, usai menyerahkan bantuan senilai 400 juta untuk Vihara Arama.

Plt. Dirjen ini berharap, dari pembangunan Arama Kebun Kesadaran ini akan melahirkan orang-orang bijak di daerah Sulawesi Utara.

"harapan saya, tempat ini--Vihara Arama Kebun Kesadaran---bisa menjadi destinasi religi. Ketika mata memandang akan menghasilkan sebuah keindahan, dan mata bathin kita, juga merasa tenang. Vihara harus seperti itu," ujarnya menjelaskan.

Nyoman menambahkan, ini tidak terjadi dengan begitu saja, melainkan atas dasar kesadaran penuh kita semua sebagai penganut Buddhis. Sehingga siapapun bisa datang disini.

"semua agama bisa datang bermeditasi di tempat ini," tuturnya.

Dirinya juga berharap, di sekitar Arama Kebun Kesadaran, bisa dibangun perumahan perkampungan penduduk, sehingga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan, untuk perawatan Vihara.

"pesan saya, pelayanan Buddhistik itu dilakukan dengan baik, agar orang datang disini. Kalau pelayanan kita belum bagus, maka orang tidak akan datang. Paling pokok itu spirit, spritnya toleransi. Hidup berdampingan dengan damai," ujarnya.

Saya mendengar masyarakat Sulawesi Utara itu, sangat tinggi penerimaannya terhadap perbedaan.

"kebersamaan disini itu sangat tinggi," pungkasnya.

"Saya tidak tahu kapan bangunan ini selesai. Semoga cepat selesai," tutup Plt. Dirjen Bimas Buddha itu.

Ketua Arama Kebun Kesadaran, dr. Herdi Monayang menyampaikan terima kasih atas kedatangan Dirjen Bimas Buddha, Kakanwil Kemenag Sulut, Pembimas Buddha dan Kakan Kemenag Minut di Vihara Arama.

"untuk melukiskan kegembiraan kami, Ucapan saya satu kata saja, Bahagia," ucap dr. Herdi mengakhiri sambutan.

Turut hadir dan mendampingi Dirjen, Kakanwil Kemenag Sulut H. Anwar Abubakar, Pembimas Buddha Bambang Sumpeno, Kakan Kemenag Minut Anneke M. Purukan, Penyelenggara Buddha Kemenag Kota Manado Like, Ketua LPTG Sulut Iwan Sutanto, dan Plh Walubi Sulut Andiwanto. (ies).

Penulis: Goins Manoppo

Editor: Ainun Bosra


Baca Juga