Jelang Kenaikan Kelas, MIS Baitul Makmur Kotamobagu Gelar Rapat Persiapan PAT

Sabtu, 14 Mei 2022 08:21 Wita.

Kemenag (Kotamobagu) – Memasuki bulan Mei, tahun ajaran untuk semester genap segera berakhir. Terkait hal tersebut, Jumat (13/05) MIS Baitul Makmur melaksanakan rapat yang bertempat di ruang kelas 1 Az Zahra, dimulai pada pukul 07.30 WITA.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Umarudin H. Dilapanga, S.Pd.I membahas beberapa aspek, yaitu evaluasi pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) yang berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana, selanjutnya tentang persiapan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Diketahui PAT sendiri ialah kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.

Perihal pembahasan PAT diserahkan kepada Waka Kurikulum, Drs. Arkam Lahiya, M.Pd selaku penanggungjawab program. Pelaksanaan PAT akan dilaksanakan dengan dua cara, yaitu untuk kelas 1 sampai 3 ujian berbasis kertas pensil dengan pilihan ganda, isian dan uraian. Sedangkan untuk kelas 4 dan 5 ujian berbasis android dengan semua soal yang diujikan berbentuk pilihan ganda (multiple choice),” tutur Arkam memberikan alternatif dalam rapat pelaksanaan PAT ini.

Adapun tidak dilaksanakan ujian berbasis android kepada kelas satu dan tiga karena mereka belum terbiasa menggunakan gawai untuk ujian, dan untuk kelas empat dan lima yang akan menggunakan android sebagai media untuk PAT akan diberlakukan simulasi dan sosialisasi. Alternatif yang ditawarkan disetujui oleh peserta rapat yang dihadiri oleh wali kelas, guru bidang studi, hingga pegawai madrasah.

Setelah melalui kesepakatan bersama, Arkam menyampaikan teknis pelaksanaan PAT, dimana yang akan diujikan terlebih dahulu ialah praktek setelah itu siswa diuji melalui tes tertulis pada semua mata pelajaran, sesuai dengan kurikulum 2013 yang sebelum diujikan. Dimana format penilaian maupun kisi-kisi materi akan divalidasi terlebih dahulu, untuk pelaksanaan validasi dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 19 Mei 2022. (Ind/Tw)

Penulis : Indah Lahiya

Editor: Trenny W Manangkalangi


Baca Juga