Kepala Kantor Kemenag Bolmong Dampingi Dirjen Bimas Hindu Roadshow

Rabu, 24 November 2021 16:50 Wita.

BOLMONG – Sejumlah Pura (tempat ibadah Hindu) di Kabupaten Bolaang Mongondow didatangi Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI), Dr Tri Handoko Seto, di sela kunjungan kerjanya, Selasa (23/11) kemarin.

Usai memberikan pembinaan kepada umat Hindu di Lapangan Desa Werdhi Agung, Dirjen Bimas Hindu dan rombongan roadshow (berkeliling) mengunjungi dan memantau beberapa Pura umum di dataran Dumoga Bersatu.

Didampingi Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Sulut, Kepala Kantor Kemenag Bolmong, Penyelenggara Hindu, dan Ketua PHDI Kabupaten Bolmong, destinasi pertama adalah Pura Tirta Amertha Gunung Lanying Werdhi Agung yang berada di lereng pegunungan.

Selanjutnya, Dirjen dan rombongan menuju Pura Puseh di Desa Mopuya dan Mopugad, Pura Eka Kahyangan Bulagon, dan Pura Puseh Kembang Mertha.

Tri Handoko Seto mengapresiasi kerja keras umat Hindu di Bolmong dalam menjalankan kehidupan beragama termasuk pembangunan pura yang representatif walau memang ada beberapa bangunan yang butuh sentuhan renovasi/rehabilitasi.

Ia juga memastikan bantuan rehabilitasi untuk sejumlah pura yang telah digelontorkan Kementerian Agama melalui anggaran Ditjen Bimas Hindu beberapa tahun terakhir tepat sasaran dan bermanfaat bagi umat.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bolmong, Shabri Makmur Bora SAg, sangat terkesan dan mengapresiasi kerja keras umat Hindu di Bolmong dalam menjalankan kehidupan termasuk kehidupan beragama.

Ini merupakan kali pertama Kepala Kantor berkeliling memantau langsung Pura-Pura di wilayah kerjanya bersama Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI selama sehari penuh.

“Banyak informasi dan data yang kami peroleh dengan turun langsung seperti ini. Kementerian Agama berupaya semaksimal mungkin untuk mengayomi umat lintas agama, agar umat merasa bahwa pemerintah ada di tengah-tengah mereka,” pungkas Bora. (dek)


Baca Juga