Kakanwil: Zakat Harus Berdayaguna dan Ciptakan Kemandirian Ekonomi

Kamis, 14 Oktober 2021 17:49 Wita.

Manado (Kanwil Kemenag Sulut) --- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Utara menggelar Workshop Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) Tahun 2021 di Hotel Peninsula, Manado. Kamis, 14 Oktober 2021.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Kakanwil Kemenag Sulut H. Anwar Abubakar sekaligus memberi sambutan pada kegiatan tersebut. Kakanwil mengingatkan bahwa sosialisasi tentang zakat kepada umat dan masyarakat harus terus digencarkan.

"Sebagian besar umat dan masyarakat kita masih kurang paham dan kurang sadar tentang pentingnya zakat. Mereka hanya paham zakat fitrah; padahal kepemilikan harta bertahun-tahun itu ada zakatnya", ungkap mantan Kakanwil Kemenag Sulsel ini.

Kakanwil juga meminta agar pengelola zakat harus lebih profesional sehingga bisa membangun kepercayaan umat dan masyarakat. Selain itu, suami tercinta dari Hj. Rismayanti Anwar ini meminta agar zakat juga harus bernilai memberdayakan kaum mustahiq misalnya dengan memberi pinjaman dana zakat untuk buka usaha tanpa bunga. 

"Zakat juga harus bernilai pemberdayaan ekonomi bagi kaum mustahiq sehingga mereka tidak terus-menerus tergantung pada bantuan kita melalui zakat tetapi mereka juga harus didampingi dan diberi modal usaha agar mandiri, sehingga tidak bermental peminta-minta tapi bermental pejuang dan berdayaguna. Zakat harus berdayaguna dan menciptakan kemandirian ekonomi", tegas Kakanwil.

Menutupi sambutannya, Kakanwil meminta kepada jajaran Baznas Kabupaten/Kota se-Sulut untuk lebih memperkuat koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas dengan Kemenag Kabupaten/Kota.

"Bagaimana mungkin kita mau mensosialisasikan pentingnya zakat ke instansi lain sementara di Kemenag sendiri belum? Jadi, saya minta tolong bangun koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas dengan Kemenag Kabupaten/Kota agar target pencapaian zakat lebih meningkat", pungkas orang nomor satu di jajaran Kementerian Agama Sulut ini. 

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Baznas Provinsi Sulut Abid Takalamingan beserta jajarannya, perwakilan Baznas Kabupaten/Kota se-Sulut dan perwakilan dari Baznas Pusat. (her) 

Humas

 


Baca Juga