Tutup Bimwin Pranikah Remaja Usia Sekolah, Basri: Jangan Menikah di Usia Dini

Kamis, 14 Oktober 2021 09:05 Wita.

BOLMUT - Kegiatan Bimbingan Perkawinan (bimwin) Pranikah Remaja Usia Sekolah yang dilaksanakan oleh Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara telah selesai.

Kegiatan hari terakhir yang digelar di Madrasah Aliyah (MA) Alkhairaat Bolangitang Barat ditutup secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Bolmut, Basri Saenong, S.Ag, M.Pd, Rabu (13/10).

Dalam sambutannya, Basri menitipkan pesan kepada peserta untuk belum memikirkan pernikahan di usia yang terlalu muda yang hanya didorong oleh nafsu syahwat semata, yang nantinya terjerumus pada pusaran kenikmatan sesaat yang membawa sengsara dalam kehidupan berumah tangga selamanya.

"Saya titip dan ingatkan kepada adik-adik semua, jangan menikah di usia dini, jangan terjerumus pada pusaran kenikmatan sesaat yang membawa sengsara selamanya", pinta Basri.

Ditambahkan, akibat dari menikah usia muda yang hanya dilatarbelakangi oleh nafsu syahwat akan berimbas buruk pada kehidupan rumah tangga. Salah satu contoh kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Semua itu menurut Basri dikarenakan belum adanya kesiapan yang matang bagi sepasang pengantin, baik secara lahiriah maupun bathiniah.

Diungkapkan, dari data yang diambil di Pengadilan Agama Boroko, curva kasus perceraian di setiap tahunnya meningkat sangat signifikan; dan salah satu kasus penyumbang kenaikan angka percaraian itu adalah pernikahan usia dini yang berakibat KDRT.

Di akhir sambutan, Kakankemenag memberi motivasi kehidupan kepada peserta untuk terus belajar dan berproses mencari jati diri, sehingga pada akhirnya nanti siap menjalani kehidupan berumahtangga dengan segala kematangan dari segi spiritual, intelektual dan emosional. (Val)


Baca Juga