Kepala Kemenag Bolmut Beri Materi Pada Pertemuan Agen Pengendalian TBC

Rabu, 13 Oktober 2021 22:46 Wita.

BOLMUT- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Basri Saenong, S.Ag, M.Pd memberikan materi pada kegiatan pertemuan pemberdayaan masyarakat melalui kader TBC (Tuberkulosis) sebagai agen pengendalian TBC.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Kesehatan Provinsu Sulawesi Utara itu berlangsung di Hotel Try Putra Boroko, Rabu (13/10) dan diikuti sejumlah 20 peserta yang melibatkan masyarakat sipil.

Kepala Kemenag dalam materinya yang berjudul "Penanggulangan Penyakit TBC dalam Prespektif Agama Islam" mengajak peserta untuk melihat persoalan salah satu penyakit menular ini dengan kacamata agama.

Basri menyebutkan bahwa pengendalian, pencegahan, dan pengobatan suatu penyakit pun dijelaskan dalam agama Islam. Termasuk penyakit yang menular melalui percikan ludah ini.

Dalam pandangan Islam, bahaya/mudarat suatu penyakit harus dihilangkan (al-dlararu yuzal), yang melahirkan kewajiban untuk melakukan perlawanan dengan sungguh-sungguh.

"TBC adalah salah satu penyakit mematikan, sehingga kita harus melawan itu dengan cara mencegah dan mengobati sehingga tidak menyerang banyak jiwa", terang Basri.

Melalui kesempatan itu, Basri mengajak kepada peserta kader agen pengendalian TBC untuk tetap menjaga kesehatan, dan menjaga diri pribadi juga orang lain dari penyakit TBC. Serta memberikan pemahaman dan informasi yang tepat kepada masyarakat akan bahayanya penyakit TBC dan upaya pengendaliannya. (Val)


Baca Juga