Public Speaking, Tema SHK Episode Ke-35

Minggu, 19 September 2021 01:36 Wita.

Manado --- Program rutin, bertajuk Sharing Humas Kemenag kembali diselenggarakan Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI, yang dilaksanakan secara live melalui Zoom Meeting dan kanal Youtube. Pada episode Ke-35 ini mengangkat tema "Menjadi Presenter Handal Kelas Pranata Humas". Jum'at, (18/9) siang.

Tampil sebagai narasumber, Pranata Humas asal Kanwil Kemenag Sulawesi Utara sahabat kita Trenny W Manangkalangi, didampingi Host dari Itjen Kemenag bernama Muhammad Bukhari Muslim serta Pemantik acara Nurul Badrutamam.

"Sebuah penghargaan bagi kami, bisa berbagi dalam ajang silaturahmi mingguan dalam forum Pranata Humas Kemenag se-Indonesia," ucap Neni, sapaan akrabnya.

Dengan semangat dan niat berbagi pengalaman serta pengetahuan tentang tekhnik menjadi seorang Public Speaking khususnya bagi para sahabat yang berprosesi sebagai Pranata Humas Pemerintah, juga tentu bagi para Guru, Penyuluh, Penghulu bahkan siswa madrasah yang tertarik dengan dunia Public Speaking, utamanya presenter.

"Public Speaking bisa dijalani dengan cara rajin berlatih, agar kita bisa tampil dengan maksimal. Semua hal harus dipersiapkan dengan baik, termasuk memberikan motivasi kepada pesertanya agar menjadi presenter handal," jelas Manangkalangi, di hadapan ratusan peserta yang hadir via aplikasi zoom dan link youtube resmi Inspektorat Jenderal Kemenag.

Menurutnya, kunci keberhasilan menjadi seorang Presenter, Host, Moderator dan MC adalah menumbuhkan semangat serta memupuk kepercayaan diri sendiri agar tampil di depan orang banyak menjadi hal biasa dan tidak ada ketakutan sedikitpun.

"Musuh terbesar kita sesungguhnya, adalah diri kita sendiri. Kalahkan dirimu dari amarah, jika ingin menjadi pemenang," ungkap istri Yusno Abdullah Otta itu usai menjadi narasumber. (Nn)

Penulis: Trenny Manangkalangi

Editor: ies


Baca Juga