Resmi Buka Kegiatan Rakor Penyusunan Laporan Keuangan, Kakanwil: Sudah Menjadi Komitmen Kita, Menjaga Marwah Kantor

Selasa, 14 September 2021 20:49 Wita.

Manado --- Subbag Keuangan pada Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulut hari ini menyelenggarakan kegiatan yang diberi judul "Koordinasi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021 Dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara" yang dilaksanakan di hotel Grand Whiz Manado. Selasa, (14/9).

Dalam arahannya, Kepala Kanwil Kemenag Sulut H. Anwar Abubakar menyampaikan bahwa sebagai warga Kementerian Agama kita patut bersyukur karena Kemenag berhasil mempertahankan penilaian laporan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan.

"Sudah yang kelima kalinya, kita mempertahankan opini WTP (Wajar tanpa pengecualian) dari BPK," ujar Anwar yang disambut tepuk tangan para peserta yang hadir.

Orang nomor satu di jajaran Kanwil Kemenag Sulut ini mengingatkan para pengelola keuangan untuk bekerja dengan benar serta profesional untuk meminimalisir semua kemungkinan yang bisa terjadi, khususnya di Sulawesi Utara.

"Meskipun ada kekurangan dan kesalahan, saya minta jangan sampai Kemenag Sulawesi Utara yang menjadi penyebabnya. Itu sudah menjadi komitmen kita bersama, kita semua bersama-sama akan menjaga marwahnya," tegas Kakanwil.

Karenanya, ikuti dengan baik pelaksanaan kegiatan ini hingga selesai dan mohon untuk memperhatikan apa yang disampaikan para nara sumber selama kegiatan ini.

"Tahun 2022 mendatang, kita akan memperbanyak kegiatan-kegiatan pembekalan atau bimtek semacam ini untuk para operator kita. Aplikasi kita cukup banyak, sementara SDM-nya sangat minim, sehingga beberapa aplikasi hanya dikelola satu orang. Sudah begitu, para operator kita kesejahteraannya sangat kurang. Mereka inilah yang bekerja paling ikhlas, padahal "nyawa" kita ada di mereka," tuturnya.

Di akhir arahannya, Anwar Abubakar mengharapkan seluruh jajarannya untuk mengoptimalkan seluruh laporan keuangan tahun ini.

"Di penghujung tahun 2021 ini, mohon untuk betul-betul memperhatikan pertanggungjawabannya termasuk laporan perjalanan dinas yang telah dilaksanakan," terang Abubakar mengingatkan para Bendahara, PPK, dan para operator SAIBA dan SIMAN BMN yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Tetaplah semangat, meski kita bekerja di masa pandemi dan PPKM. Terima kasih juga saya sampaikan kepada DJP yang telah membantu kami. DJP adalah mitra kita, jangan bosan-bosan membantu kami di Kemenag," tutup Kakanwil.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Suratno dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari dan diikuti seluruh pengelola keuangan pada semua satuan kerja, PPK termasuk para operator.

"Kegiatan dilaksanakan dengan maksud, untuk memperoleh penyusunan laporan keuangan yang baik, benar dan tepat waktu," ujar Suratno.

Turut hadir dan ikut mendampingi dalam kegiatan tersebut, Kabag TU H. Aswin Kiay Demak dan Kasubbag Umum dan Humas Hartono Bawenti. (ies)

HUMAS


Baca Juga