MTsN 1 Sangihe Gelar Simulasi Asesmen Nasional Tahun 2021 Bagi Peserta Didik Kelas 8

Senin, 13 September 2021 15:43 Wita.

Sangihe (Kemenag) - Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kepulauan Sangihe menggelar simulasi Asesmen Nasional (AN) tahun 2021 bagi 20 peserta didik kelas 8 bertempat di ruang komputer MTsN 1 Sangihe, Senin (13/9).

Pelaksanaan simulasi asesmen nasional tahun 2021 peserta didik kelas 8 yang terpilih secara acak untuk menjadi peserta AN. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memetakan mutu pendidikan, memberi umpan balik kepada penyelenggara pendidikan dan merancang tindak lanjut untuk perbaikan mutu dan sistem pendidikan.

Proktor MTsN 1 Sangihe Agus Paryanto, S.Pd mengatakan simulasi asesmen nasional bertujuan untuk melakukan uji coba sistem asesmen nasional 2021, serta pelaksanaannya pada semua satuan pendidikan dan sederajat lainnya. Hal ini akan diketahui sejauh mana perencanaan baik hardware maupun software dapat berjalan sesuai dengan rencana.

"Dengan adanya simulasi ini sekolah atau madrasah peserta asesmen nasional dapat berjalan jika dalam melaksanakan asesmen terjadi kondisi khusus atau gangguan teknis yang berhubungan dengan perangkat yang dipakai,"kata Agus

Namun pada pelaksanaan hari ini ia menyatakan kendala yang dialami seperti gangguan internet, gangguan server dan masih kurang jumlah unit komputer yang dipakai klien, sehingga pelaksanaan full online belum berjalan secara maksimal dan sangat berpengaruh pada peserta AN dalam menjawab soal.

"Saya berharap pada pelaksanaan asesmen sungguhan nanti sarananya bisa memadai di antaranya, lancar jaringan internet dan server serta perangkat kebutuhan lainnya, sehingga terwujudlah madrasah berbasis informasi komunikasi teknologi," ujarnya. (arfa)


Baca Juga