Kanwil Kemenag Sulut Gelar Doa dan Dzikir Kebangsaan

Kamis, 05 Agustus 2021 21:22 Wita.

Manado (Kanwil Kemenag Sulut) --- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara menggelar kegiatan Doa dan Dzikir Kebangsaan untuk kesehatan dan keselamatan Sulawesi Utara yang digelar secara daring via zoom meeting. Kamis, 5 Agustus 2021.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Sulut H. Anwar Abubakar. Beliau berterima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat dan pimpinan ormas keagamaan di Sulawesi Utara yang terus berjuang bersama pemerintah untuk menghentikan penyebaran covid-19 dan saling peduli di masa pandemi baik melalui ikhtiar lahir maupun batin.

"Saya sangat berterima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi kepada para tokoh agama dan masyarakat Sulawesi Utara yang terus bergandengan tangan bersama pemerintah berjuang mengatasi covid-19 ini. Ikhtiar lahir sudah kita galang bersama dengan gerakan 5M, tapi jangan lupa kita harus sempurnakan dengan ikhtiar batin yaitu berdoa baik secara pribadi maupun bersama-sama seperti saat ini. Kita berharap pandemi covid-19 ini segera berlalu", ungkap Kakanwil saat membuka kegiatan. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan doa bersama oleh para tokoh Agama Sulawesi Utara, dimulai dengan Syekh Yasir bin Salim Bachmid mewakili agama Islam, Jenny Sampouw mewakili umat Kristen Protestan, Joula Makarawung mewakili umat Katolik dan Nengah Kokog mewakili umat Hindu. Suasana doa dan kekhusukan sangat terasa, semua bersatu hati memohon perlindungan Sang Khalik dan berharap semoga ujian pandemi covid-19 ini segera berakhir. 

Selanjutnya peserta zoom meeting dibekali dengan tauziyah yang dibawakan oleh Syekh Sayyid Abdurrahim Assegaf atau yang dikenal dengan julukan Habib Puang Makka.

Beliau mengingatkan tentang semangat kebersamaan dengan meneladani para pejuang di tanah Sulawesi yang bahu-membahu berjuang melawan penjajahan di zaman kolonialisme.

"Semangat kebersamaan, persaudaraan dan cinta kasih hendaklah menjadi kekuatan kita bersama untuk menghadapi situasi sesulit apapun juga, termasuk situasi pandemi covid-19 saat ini", ungkap Habib Puang Makka.

Kegiatan yang dipandu oleh Pranata Humas Trenny W Manangkalangi ini diakhiri dengan dzikir bersama yang dipimpin oleh Habib Puang Makka bersama timnya. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Kabag TU Kanwil Kemenag Sulut, para Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, para pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkungan Kanwil Kemenag Sulut dan Kemenag Kabupaten/Kota serta ASN jajaran Kanwil Kemenag Sulut. (her)

Humas


Baca Juga