Kemenag Minahasa Gelar Pembinaan SDM Ormas Islam

Kamis, 05 Agustus 2021 17:53 Wita.

Minahasa (Kemenag) --- Kamis (5/8), Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa untuk ketiga kalinya dalam pekan ini menggelar kegiatan pembinaan secara virtual melalui Zoom Meeting.

Kembali, tiga puluh peserta dari unsur Pimpinan Organisasi Masyarakat Islam mengikuti kegiatan webinar ini melalui 5 (lima) Wilayah KUA Kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa dengan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Mantan Sekretaris Kesbangpol Kab. Minahasa Irwan Mas Wonggo, S.Sos dan Ketua Umum Pimpinan Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama Kamariah Karinda, S.Pd berkesempatan menjadi narasumber pada kegiatan sepanjang hari ini.

H. Abshori Abdillah, S.Ag selaku Kepala Seksi Bimas Islam mewakili Kepala Kantor memberikan sambutan dengan mengawali permohonan maaf Kepala Kantor karena berhalangan hadir dalam webinar ini. Beliau menyampaikan sangat penting pembinaan sumber daya manusia (SDM) untuk meningkatkan kualitas personil yang terlibat dalam suatu organisasi sehingga dapat berbuat dan menjalankan tugas serta fungsinya secara profesional.

Sementara Irwan sebagai pemateri pertama menyampaikan bahwa Ormas sesuai dengan UU No. 17 tahun 2013 merupakan organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Selanjutnya Kamariah mengulas bahwa SDM sebagai salah satu unsur penunjang organisasi dapat diartikan sebagai manusia yang bekerja di suatu lingkungan organisasi atau potensi manusia sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan eksistensi organisasi di manapun berada.

Lebih lanjut Kamariah menyampaikan bahwa pengurus suatu organisasi kemasyarakatan itu haruslah mempunyai program yang jelas serta menerapkan sistem manajemen yang baik bahkan harus memperhatikan dan menjunjung tinggi rasa cinta terhadap organisasi, kerjasama, persatuan, saling menghargai serta ikhlas.

Antusiasme peserta dalam mengikuti webinar terlihat dari semangat menyampaikan pertanyaan kepada narasumber. 

Ditemui dalam ruang kerjanya Kasi Bimas Islam menyampaikan perasaan puas dapat berinovasi dalam keadaan pandemi, bahkan setelah hari ini masih ada dua kegiatan serupa yang akan dilaksanakan. (dhl) 


Baca Juga