Siswa MIN 1 Bolmong Ikuti Praktek Manasik Haji

Rabu, 21 Juli 2021 13:40 Wita.

BOLMONG -- Keluarga besar Madrasah Ibdtidaiyah Negeri 1 (MIN) Bolaang Mongondow punya cara tersendiri dalam menggaungkan bulan haji, yakni dengan menggelar praktek manasik haji bagi peserta didik kelas 1 dan 2.

Digelar Senin (19/7) di halaman MIN 1 Bolmong, Lolak, anak-anak ini tampak antusias mengikuti setiap rangkaian rukun-rukun berhaji yang diinstruksikan guru mereka, tentunya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Kepala MIN 1 Bolmong, Sulhandi, menuturkan kegiatan ini dilakukan agar para siswa turut merasakan dan mengerti bagaimana tata cara beribadah di tanah suci secara teori dan praktek.

Tak hanya siswa, para guru dan wali murid pun diharapkan Sulhandi, akan dapat mengetahui persis gambaran nyata proses pelaksanaan ibadah haji, memahami doa-doa, rukun, wajib, sunnah dan mana yang haram dalam ibadah haji.

Seluruh peserta juga tampak mengenakan baju ikhrom serta mengelilingi replika ka’bah yang ada di halaman MIN 1 Bolmong, melempar jumrah, selayaknya ummat yang sedang menunaikan ibadah haji di Makkah.

Imajinasi mereka benar-benar dibawa ke baitullah, dengan harapan hal ini terekam dalam memori sekaligus menjadi motivasi bagi mereka untuk bercita-cita naik haji walau dalam usia muda.

Kegiatan ini juga menjadi upaya peningkatan kualitas mental dan moral sehingga terlahir generasi penerus bangsa yang religius, berakhlakul karimah yang baik serta berdaya saing. (dek)


Baca Juga