Kasubbag TU Kemenag Bolmut Ikuti Evaluasi Pelaporan Elektronik

Kamis, 10 Juni 2021 16:52 Wita.

BOLMUT – Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Hi. Abdullah Diu, S.Ag, M.Pd, hari ini, Kamis (10/06/2021) mengikuti Evaluasi Kinerja Program dan Anggaran Satuan Kerja berdasarkan Aplikasi SMART dan e-Monev Tahun Anggaran 2021, bertempat di Aula Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bolaang Mongondow.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kemenag Prov. Sulawesi Utara ini, juga diikuti sejumlah Operator SMART, e-Monev e-MPA  pada Satuan Kerja (Satker) di Kabupaten Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, dan Kabupaten Minahasa Selatan, termasuk operator Satker Kantor Kemenag Bolmut, Nur Zumriyah Laweto bersama Yervina E. Anau.

Dihubungi via WhatsApp, Kepala Subbag TU Abdullah Diu mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan sosialisasi dan pendampingan Petunjuk Teknis (Juknis) Aplikasi pelaporan elektronik menggunakan aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Terpadu (SMART) dan aplikasi e-Monev.

Dijelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 214/PMK.02/2017 tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Anggaran atas Pelaksanaan Rencana dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, maka setiap satker diharuskan melakukan pelaporan keuangan secara maksimal melalui aplikasi SMART yang nantinya akan dilakukan evaluasi setiap triwulan dan setiap tahunnya.

Selain itu melalui kegiatan ini, Abdullah berharap operator Kemenag Bolmut dapat memahami teknik-teknik pengoperasian, pengisian dan penginputan melalui aplikasi SMART dan e-Monev sehingga dapat meningkatkan kinerja para operator. 

Di tempat yang sama, operator aplikasi Sistem Informasi Performa Kementerian Agama (SIPKA), Sri Sulyanti Mokobuy juga mengikuti kegiatan pendampingan dalam pengoperasian aplikasi terbaru tersebut. (val)


Baca Juga