Kakanwil Hadiri Rakor Pengamanan Hari Raya Keagamaan, Ini Yang Diputuskan

Rabu, 05 Mei 2021 08:35 Wita.

Manado (Kanwil Kemenag Sulut) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara H. Anwar Abubakar menghadiri Rapat Koordinasi Pengamanan dan Penanganan Covid -19 dalam rangka perayaan hari besar keagamaan di Provinsi Sulawesi Utara tahun 2021 (4/5/2021).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey ini memutuskan antara lain konvoi malam takbiran di jalan raya jelang Hari Raya Idul Fitri dan kegiatan open house pada saat Hari Raya Idul Fitri ditiadakan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Malam takbiran bisa dilaksanakan di masjid masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.  

Selain itu, untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri tetap mengacu pada Edaran Menteri Agama RI Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H sesuai dengan poin 11 yang mengatakan bahwa Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Tahun 2021 M dapat dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat berdasarkan pengumuman gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 setempat.

Pada prinsipnya, Gubernur dan Forkopimda Sulut sepakat untuk mendukung perayaan Idul Fitri 1442 H sesuai dengan Edaran Menteri Agama RI Nomor 3 Tahun 2021 dan tetap memperhatikan protokol kesehatan demi kebaikan dan kemaslahatan bersama.

Kegiatan yang digelar di Aula CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut ini dihadiri Kakanwil Kemenag Sulut, Forkopimda Sulut, Tokoh-tokoh Agama, Tokoh-tokoh Masyarakat dan FKUB Sulut. Turut hadir mendampingi Kakanwil, Kabid Bimas Islam Ulyas Taha, Kasubbag Ummas Hartono Bawenti dan Kasubbag KUB dan Ortala Santi Kalangi. (msd)


Baca Juga