STQH, Sarana Membangun Generasi Cinta Al-Quran

Kamis, 08 April 2021 13:29 Wita.

Kotamobagu (Kemenag) – Seleksi Tilawatil Qu’an dan Hadits (STQH) merupakan wadah untuk meningkatkan pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, aspek-aspek yang mempunyai tujuan ke arah tersebut diseleksi dalam event seperti STQH yang dilaksanakan Kementerian Agama Kota Kotamobagu bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kotamobagu kemarin.

Adapun pelaksanaannya sudah dilangsungkan sejak tanggal 3 s/d 5 April 2021, diwujudkan dalam beberapa cabang perlombaan seperti Tilawah Gol. Anak – anak dan dewasa, Hifzh Gol. 1, 5, 10 Juz dan Tilawah, Musabaqah Hadits Nabi Gol. 100 Hadits dengan Sanad dan Musabaqah Hadits Nabi Gol. 500 Hadits tanpa Sanad.

Kali ini peraih juara umum jatuh pada Kecamatan Kotamobagu Barat dan pada acara penutupan hadir Kepala Kantor Kemenag Kota Hi. Saiful Bongso, Kepala Seksi, Penyelenggara, para Dewan Hakim dan Panitrera Dewan Hakim, official juga hadir sekaligus menutup acara secara resmi oleh Wali Kota Kotamobagu Hj. Ir. Tatong Bara yang diwakili oleh Sekertaris Daerah Kota Kotamobagu Ir. Sande Dodo, MT, turut hadir dan disaksikan juga oleh Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, SH para pimpinan OPD Pemerintahan Kota Kotamobagu.

Meskipun dalam masa pandemi ini, tidak menyurutkan semangat para peserta demi meningkatkan pengamalan Al-Quran dalam kehidupan sehari – hari lewat ajang seperti ini. Terlihat mulai dari pelaksanaan sampai pada acara penutupan yang berlangsung dengan penuh hikmat, dan tentunya tetap berpatokan pada standar protokol kesehatan covid – 19. Suasana haru dan bahagia pun terpancar pada saat mendengar pengumuman lomba yang dibacakan oleh Kasi Bimas Islam Hi. Moch. Kusen, S.Ag.

Saiful sangat bersyukur sampai saat ini masih banyak generasi muda yang peduli dalam membaca, menghafal Al’Quran mengingat di zaman sekarang ini kita dihadapkan dengan dunia teknologi yang semakin mengglobal, semua informasi bisa diakses lewat internet yang cukup menyita waktu apa lagi tanpa pengawasan dari orang tua. Di samping itu peran orang tua dan guru juga sangat penting dalam membangun generasi cinta Al-Quran yang tak lain adalah anak – anak kita, penggunaan IT boleh-boleh saja asalkan untuk kepentingan pendidikan dan agama.

Kepala Kantor juga menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada Pemerintah Kota Kotamobagu dan semua jajaran yang terkait atas dukung dan kerjasama dalam pelaksanaan STQH ini. Diharapkan kedepan Kementerian Agama dengan Pemkot akan terus bersinergi dalam urusan atau kegiatan terutama di bidang keagamaan, seperti saat ini dan tahun – tahun sebelumnya.

Adapun untuk pemenang lomba akan dilanjutkan ke tingkat Provinsi yang rencananya akan dilaksanakan tahun ini juga, dengan membawa nama baik Kota Kotamobagu. (Tw)


Baca Juga