Sekjen Kemenag RI Resmi Membuka Kegiatan UJi Kompetensi Jabatan Administrasi

Kamis, 08 April 2021 10:09 Wita.

Manado (Kanwil Kemenag Sulut) ---- Uji kompetensi pemetaan jabatan administrasi di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara resmi dibuka Sekretaris Jenderal Prof. Dr. H. Nizar MAg secara virtual, Kamis (8/4).

Dalam arahannya Sekjen Kemenag ini memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Utara yang telah bekerjasama dan berkoordinasi aktif dengan Sekretariat Jenderal dalam melaksanakan uji kompetensi ini.

"Pesan saya, mengingat dalam situasi pandemi, dimohon kesadaran kita semua untuk selalu menjaga kesehatan diri dan lingkungan terhadap penyebaran covid 19," ujar Sekjen.

Uji kompetensi ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan karier pegawai agar sesuai kualifikasi, kompetensi, penilaian kinerja dan kebutuhan instansi pemerintah dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas.

"Ini sejalan dengan amanat UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN serta PP no 11 tahun 2017," jelas Prof. Nizar.

Mantan Dirjen PHU ini menambahkan bahwa hasil uji kompetensi di lingkungan Kementerian Agama masa berlakunya hingga tiga tahun ke depan dan dapat diuji kembali setelahnya.

"Ini sesuai dengan peraturan BKN no 26 tahun 2019 dan PMA no 1 tahun 2020," terangnya.

Di akhir arahannya, Nizar mengharapkan dengan adanya sistem uji kompetensi dengan prinsip sistem merit yang dilakukan melalui mutasi dan promosi serta penugasan khusus, maka perencanaan penempatan pegawai Kemenag dalam seluruh jabatan harus sesuai dengan kebijakan pemerintah.

"Seluruh jabatan di lingkungan kemenag akan ditata yang orientasinya menuju pelayanan yang berkualitas dan pelayanan prima serta memenuhi standar kualitas harapan dan kepuasan pelanggan," kuncinya.

Kakanwil Kemenag Sulut H. Anwar Abubakar dalam laporannya menyampaikan bahwa uji kompetensi tahun ini bisa dilaksanakan mengingat masa uji kompetensi sebelumnya telah melewati dua tahun.

"Karena asesmen ASN Kemenag Sulut sudah melewati masa berlaku, maka sudah waktunya asesmen atau uji komtensi diselenggarakan kembali," tutur Kakanwil.

Di hadapan Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Kakanwil Kemenag Sulut melaporkan bahwa peserta yang mengikuti uji kompetensi berjumlah 125 orang peserta dengan perincian jabatan administrator 18 peserta, pengawas 103 dan unsur pelaksana 4 orang.

"Kegiatan ini kami gelar mulai hari ini (Kamis-red) hingga Sabtu, 10 April 2021, dengan agenda pertama adalah tes psikotes," tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plt. Kepala Biro Kepegawaian H. Ali Rokhmat, Rektor IAIN Manado yang diwakili Warek III Hj. Musdalifah Dahrud, Karo AUAK H. Suleman serta Tim Asessor SDM Kemenag.

Penulis: ies

Editor: ies

 


Baca Juga