Rakor Persiapan Ramadhan di Dumoga Barat Putuskan Tiga Hal

Rabu, 07 April 2021 13:50 Wita.

BOLMONG – Jelang datangnya bulan suci ramadhan yang tinggal menghitung hari, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Dumoga Barat mulai melakukan persiapan.

Rabu (7/4) Kepala KUA Dumoga Barat, Yonal Yusuf Isa menggelar rapat persiapan menyambut bulan suci ramadhan 1442 Hijriah 2021 dan Sosialisasi Surat Edaran Menteri Agama Nomor 3 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan.

Rapat koordinasi yang digelar di KUA Dumoga Barat ini dihadiri oleh Camat Dumoga Barat, Malvin Dako SAP MAP, Kepala Puskesmas Dumoga Barat, Sangadi, Imam dan pegawai syar'i, serta Penyuluh Agama Islam Non PNS.

Agenda utama yang dibahas dalam rapat adalah penetapan awal puasa, aktivitas ibadah di bulan ramadhan yang dianjurkan, serta pengumpulan zakat fitrah.

Hasil rapat disepakati tiga hal yakni :

1. Penetapan 1 (awal) ramadhan akan menunggu keputusan sidang isbat Menteri Agama sebagai awal pelaksanaan puasa.

2. Pelaksanaan ibadah di bulan ramadhan seperti sholat tarawih, tadarus Al Qur'an, kultum/ceramah dan kegiatan lain dapat dilakukan dengan protokol kesehatan sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 3 Tahun 2021. Edaran tersebut telah digandakan dan disampaikan ke berbagai elemen masyarakat.

3. Pengumpulan Zakat Fitrah dapat dilakukan mulai awal ramadhan sampai akhir ramadhan sambil menunggu besaran Zakat Fitrah yang akan diputuskan dan ditetapkan Baznas dan Kemenag Kabupaten Bolmong.

Yonal Isa berharap keputusan rapat ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat khususnya di wilayah Dumoga Barat, karena itu ia meminta kerjasama dari semua pihak agar ramadahan kali ini dapat berlangsung khidmat dan lancar walau di tengah kondisi yang belum sepenuhnya normal.

Kepada penyuluh, imam, dan pegawai syar’i, ia juga menghimbau untuk meneruskan Edaran Menag Nomor 3 Tahun 2021 kepada keluarga dan lingkungan/wilayah binaan masing-masing, serta menjadi pelopor dalam mengimplementasi edaran tersebut. (dek)


Baca Juga