Pimpin Rapat Pembangunan Gedung SBSN, Kabag Aswin : Pastikan Berjalan Sesuai Regulasi

Selasa, 23 Februari 2021 15:43 Wita.

Manado (Kanwil Kemenag Sulut) --- Seperti pembangunan dengan pembiayaan rupiah murni, pembangunan gedung dengan menggunakan dana SBSN di Kementerian Agama pada dasarnya adalah bertujuan untuk meningatkan kualitas layanan publik, kualitas pendidikan agama dan keagamaan serta penyelenggaraan kehidupan beragama sesuai visi dan misi yang dirumuskan.

Tahun ini Kemenag Minahasa Selatan dipercayakan mengelola Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji dengan bersumber dari SBSN yang bertempat di Kecamatan Tenga, Minsel.

Tepat pada Selasa, 23 Februari 2021 diadakan rapat pembahasan pembangunan yang dipimpin oleh Kakanwil Kemenag Sulut diwakili oleh Kabag TU Aswin Kiay Demak, S.Ag, M.PdI didampingi Kabid Bimas Islam Drs .H. Ulyas Taha, M.Pd.

Selaku penyelenggara, Kepala Kemenag Minsel Pdt. Johnny Tilaar, M.Si dan jajaran terkait diundang hadir dan menyampaikan terima kasih untuk kepercayaan pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji ini. Dalam laporannya, semua proses persiapan terutama status tanah pembangunan sudah mencapai hasil maksimal yaitu sertifikat atas nama Kemenag sudah keluar.

"Kendala memang ada berkenaan dengan dua lokasi yang direncanakan sesuai proposal awal, tapi setelah proses yang panjang kita semua bersyukur telah mendapatkan status tanah yang jelas", ujar mantan Kakankemenag Sitaro ini.

Sementara Kabag TU menyampaikan pesan Kakanwil bahwa sangat diharapkan agar mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan pembangunan nanti harus benar-benar memperhatikan syarat dan juknis yang telah ditentukan.

"Kita semua berharap dengan merumuskan langkah yang jelas, gedung SBSN Minsel prosesnya berjalan sesuai regulasi dan tak akan ada permasalahan di kemudian hari", ungkap Aswin. Ditambahkan Aswin, Tim Inspektorat Jenderal bisa diundang sebagai pendamping agar senantiasa selalu mendapat bimbingan sehingga tidak salah langkah.

Kabid Bimas Islam menanggapi perkembangan status tanah untuk pembangunan gedung dengan respon positif seraya mengatur langkah selanjutnya untuk segera melaporkan ke Dirjen Bimas Islam Pusat dan Bappenas dalam upaya penetapan status relokasi. 

"Segala sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak sudah selayaknya mendapat dukungan baik oleh semua pihak, termasuk pembangunan ini, kami akan bergerak secepatnya agar sesuai rencana bulan Maret nanti proses tender sudah berjalan", harap Ulyas.

Turut hadir pada rapat ini Tim Perencana dan Analis Hukum Kanwil Kemenag Sulut. (Neni)


Baca Juga