Website Kanwil Kemenag Provinsi Sulut
Cinque Terre
Sejarah

Profil Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulut

I. Letak Geografis Provinsi Sulawesi Utara Wilayah Propinsi Sulawesi Utara terletak antara 00.. 30` - 4 0 Lintang Utara dan 1210 - 1270 Bujur Timur di jasirah Pulau Sulawesi yang membujur dari timur ke barat dengan daerah paling utara Kepulauan Talaud yang terdiri dari 77 pulau besar dan kecil.

Luas wilayahnya sekitar 15.376,99 Km 2. Dengan batas wilayahnya :

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Sulawesi, Samudra Pasifik dan Negara Filipina
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Maluku
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Teluk Tomini
  4. Sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Gorontalo II.

Karakteris Penduduk Sulawesi Utara Penduduk asli provinsi Sulawesi Utara terdiri dari tiga suku bangsa/kelompok etnis utama yaitu, suku Minahasa, suku Bolaang Mongondow, dan suku Sangihe Talaud. Masing - masing kelompok etnis ini dibagi menjadi beberapa sub etnis yang memiliki bahasa dan tradisi dengan norma kemasyarakatan yang khas. Bahasa didaerah ini diseuaikan dengan masing - masing sub etnis, seperti bahasa Tombulu, Tolour, Tonsea, Tontemboan, Tonsawang, Posakan dan Bantik untuk etnis Minahasa. Bahasa Mongondow, Bolaang, Bintauna dan Kaidipang untuk etnis Mongondow.

Sedangkan untuk etnis Sangihe Talaud Bahasa Sangihe Besar, Siau dan Talaud. Di Provinsi ini juga banyak berdiam pendatang, seperti suku Jawa, Batak, Makasar, Bugis dan sebagainya. Serta penduduk keturunan yang tinggal berdampingan dengan suku - suku asli dan pendatang, seperti keturunan Cina dan Arab. Agama yang dianut oleh masyarakat Provinsi ini adalah Islam, Kristen, Katolik, Hindu , Budha, dan Kong Hu Chu. III.

Tugas Pokok dan Fungsi Tugas pokok dan fungsi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi adalah sebagai mana diatur dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor 373 Tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten / Kota.

A. T u g a s:

Melaksanakan tugas pokok dan fungsi Kementerian Agama di Provinsi yang bersangkutan sesuai dengan kebijaksanaan Menteri Agama.

B. F u n g s i:

Dalam Melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi menyelenggarakan fungsi:

a. Perumusan visi, misi dan kebijakan teknis di bidang pelayanan dan bimbingan kehidupan umat beragama kepada masyarakat di Provinsi.

b. Pembinaan, pelayanan dan bimbingan masyarakat Islam, pelayanan haji dan umrah, pengembangan zakat dan wakaf, pendidikan agama dan keagamaan, pondok pesantren, pendidikan agama Islam pada masyarakat dan pemberdayaan masjid serta urusan agama, pendidikan agama dan bimbingan masyarakat Kristen, Katolik, Hindu serta Budha sesuai peraturan perundang undangan. l. 3 L KANWIL

c. Perumusan kebijakan teknis di bidang pengelolaan administrasi dan informasi

d. Pembinaan kerukunan hidup beragama.

e. Pengkoordinasian perencanaan, pengendalian dan pengawasan pro-gram.

f. Pelaksanaan hubungan dengan pemerintah daerah, instansi terkait dan lembaga masyarakat dalam rangka pelaksanaan tugas Kementerian Aga-ma di Provinsi.

Untuk mengetahui perkembangan dan harapan serta apa yang dihasil-kan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Utara lima tahun, maka telah menentukan visi sesuai dengan tugas yang diemban guna mengetahui apa yang dihasilkan kedepan sehingga dapat terwujudnya apa yang diharapkan. IV.

Sejarah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulut

A.R.M Agus Ahmad Dhalan 1951-1956

H. Kasim Marangau 1956-1965

H Nur Hasan 1965-1972

H Mushonif, BA 1972-1974

H Adnan Gasim 1974-1975

KH. Joesoep Untowirjo 1975-1980

Drs H Basry Abdul Djalil 1980-1986

A.H Salahuddin Elchairy BA 1986-1993

Drs H Djainudin Ahmad 1993-1999

Drs H.M. Yusuf Otoluwa 1999-2006

Drs H Halil Domu MSi 2006-2011

Drs H Sya`ban Mauluddin MPdI 2011-2014

Drs H Suleman Awad MPd 2015 - 2017

DR H. Abd Rasyid M.Ag 2017 - Sekarang