Rabu, 7 Maret 2012, 16:07 –
MTQ-I Tingkat Kabupaten Minahasa Tenggara

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)–I Tingkat Kabupaten Minahasa Tenggara yang diadakan di Kecamatan Belang pada tanggal 02-04 Maret berlangsung dengan Sukses. Pelaksanaan MTQ-I Tingkat Kabupaten Minahasa Tenggara diawali dengan Pelepasan Pawai Ta’aruf oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara Saiful Bongso, M.Pd.I bersama Ketua Panitia Pelaksana Drs. Irvan Rabuka, M.Pd, pada pukul 15:00 Wita dengan rute dimulai dari tempat pelaksanaan di Desa Borgo dan berakhir di pendopo Kecamatan Belang.

Pembukaan MTQ-I Tingkat Kabupaten Minahasa Tenggara dihadiri Oleh Bupati Minahasa Tenggara yang di wakili Oleh Kepala Dinas Pariwisata Drs. Nasarudin Manoso, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara Saiful Bongso, M.Pd.I, Kapolres Minahasa Selatan Tenggara yang diwakili oleh Kapolsek Belang, Ketua LPPTQ Kabupaten Minahasa Tengara Kisman Hala, SE, Camat Belang, Ketua MUI Minahasa Tenggara Ishak Ntoma, Ormas Islam, para Tokoh Agama dan Rohaniawan, Tokoh Masyarakat, serta masyarakat yang berasal dari 12 Kecamatan Se-Kabupaten Minahasa Tenggara.

MTQ-I Tingkat Kabupaten Minahasa Tenggara mengambil Tema “Al-Qur’an sebagai sumber ilmu Pengetahuan”. Lebih lanjut Drs. Irvan Rabuka, M.Pd selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan bahwa dalam kegiatan MTQ-I ini diikuti oleh 12 Kecamatan se-Kabupaten Minahasa Tenggara dan memperebutkan piala Bergilir dari Bupati Minahasa Tenggara.

“Jika pada kegiatan MTQ pada tahun-tahun yang lalu wakil dari Kabupaten Minahasa Tenggara tidak terwakili karena masih merupakan wilayah binaan dari Kabupaten yang lain, maka melalui kegiatan MTQ-I ini Kabupaten Minahasa Tenggara dapat di perhitungkan di MTQ Tingkat Provinsi, dan insya Allah dapat berlanjut ke MTQ Tingkat Nasional,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara Saiful Bongso, M.Pd.I dalam sambutannya.

Lebih Lanjut kata Bongso, dasar hukum pelaksanaan MTQ adalah Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 182 Tahun 1982 dan Nomor 44 Tahun 1982 Tentang Usaha Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dan Nomor 182A Tahun 1988 dan Nomor 48 Tahun 1988 tentang Pengembangan Organisasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an.

Selain itu, Bupati Minahasa Tenggara yang diwakili oleh Kadis. Pariwisata Drs. Nasarudin Manoso dalam sambutannya mengatakan melalui ajang MTQ-I Tingkat Kabupaten Minahasa Tenggara generasi muda muslim yang ada di Minahasa Tenggara dapat berprestasi sebagaimana yang sudah pernah diraih dalam seleksi STQ Tingkat Provinsi tahun 2011 lalu.

Pada acara Pembukaan juga diadakan pelantikan Dewan Hakim yang bertugas sebagai juri dalam pelaksanaan seleksi MTQ-I Tingkat Kabupaten Minahasa Tenggara dengan Ketua Dewan Hakim Idrus Sante, S.Ag.

Uniknya dari kegiatan MTQ-I kali ini adalah pada acara pembukaan dimeriahkan oleh Paduan Suara GMIM Damai Belang yang menyanyikan lagu Mars MTQ dan lagu Hidup Rukun dan Damai. Hal ini membuktikan bahwa kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Minahasa Tenggara khususnya di Kecamatan Belang terjaga dengan baik dan patut dicontohi oleh daerah yang lain. (ian)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.016400 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 998995
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.