Sabtu, 20 April 2013, 00:20 – Pendis & Madrasah, Kankemenag
Judul Berita Harus Eye Catching

Kotamobagu-Kemunculan Media Online seiring dengan perkembangan ICT (Information and Communication Technologies/Teknologi Informasi Komunikasi) berjalan cukup pesat. Hal ini berpengaruh langsung pada dunia industri komunikasi yang kini makin menjamur di belahan dunia. Media online lahir sebagai bentuk “konvergensi media” dengan dukungan teknologi internet secara massif yang menyajikan lebih komprehensif baik secara konten, cover-face maupun daya jangkaunya.

Tren yang terjadi saat ini adalah, mulai bergesernya pembaca media tradisional seperti print-paper (koran, majalah, tabloid, dll) karena tawaran media online yang lebih menjanjikan seperti memberikan pilihan kepada pembaca untuk memilih informasi seluas-luasnya kepada pembaca sesuai dengan selera. Disamping itu informasi dan data dapat disajikan secara tekstual, maupun audio-visual sebagai tuntutan zaman di era global.

Inilah alasan yang mendorong tim Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara mengadakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Website Kementerian Agama Sulawesi Utara di seluruh Kabupaten/Kota termasuk madrasah dan SMTK. Kali ini, bertempat di Aula MTs Negeri Kotamobagu, Kamis kemarin (18/04/2013) dipimpin oleh Kasubag Humas Suharto Abdul R. Rondo, S. Ag bersama Staf Humas Kanwil Ronny, SE dan Siska Sofian, SE memberikan BIMTEK di sekolah yang telah melahirkan 2 orang Tim Garuda Remaja Indonesia.

Dalam pemaparan materinya yang dihadiri 30 peserta, Siska mengajarkan bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar dengan menggunakan konsep penulisan berita 5W+1H yang merupakan rumus yang dipakai dalam penulisan berita.

Jurnalisme online adalah jurnalisme judul. Karena, sifatnya yang ringkas, cepat dan akurat, maka JUDUL dalam berita online harus eye catching, sehingga, judul-judul dalam berita online bisa dikemas secara “dramatis, bombastis, namun tetap cerdas,” ujar Siska.

BIMTEK ini dihadiri oleh Kankemenag Kota Kotamobagu Drs. H. Suleman, M.Pd didampingi oleh Kasi Pendis Muktar Ganggai, S.Ag. Dalam sambutannya Suleman mengharapkan kepada semua pegawai Kemenag Kota Kotamobagu agar dapat belajar cara penulisan berita secara baik sehingga informasi kegiatan di Kemenag Kota Kotamobagu bisa langsung diketahui oleh masyarakat dan Kementerian Agama.

Menutup sambutannya Suleman menyampaikan kegiatan ini dapat diambil pelajaran karena ini sangat bermanfaat bagi Kemenag Kota Kotamobagu dan bagi Madrasah itu sendiri. “Prestasi Madrasah harus diketahui oleh seluruh dunia, jangan hanya diketahui oleh orang dalam saja,” ujarnya. (rahmat)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.091454 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 990514
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.