Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Senin, 27 Mei 2019

Calon Haji Bolmong Diminta Bersihkan Hati

22 April 2019


LOLAK – Sekira 50 Calon Jemaah Haji Kabupaten Bolaang Mongondow diminta mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan suci pada musim haji 2019.

Sejumlah persiapan yang hendak dilakukan para calon haji meliputi pembersihan hati dan jiwa, menyiapkan harta yang halal, serta persiapan mental dan kesehatan.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hendrongi  Ngampo pada kegiatan Manasik Haji, Senin (22/4/19).

Pembersihan hati dan jiwa menurut Hendro merupakan upaya mempersiapkan hati agar senantiasa bersabar, berpikir positif, dan menjauhkan pikiran yang buruk.

"Banyak-banyak beribadah, dalam hal ini banyak berdzikir dan beristighfar. Terlebih menjelang bulan ramadhan akan sangat baik sekali jika dijadikan momen membersihkan hati agar ketika bertamu ke rumah Allah SWT dalam keadaan suci murni," jelas dia.

Selanjutnya menyiapkan harta yang halal berarti menyiapkan bekal materi (uang) yang nantinya akan dibutuhkan baik dalam perjalanan maupun saat menunaikan ibadah haji.

"Bekal materi dalam hal ini uang juga mesti disiapkan jika sewaktu-waktu diperlukan. Dan sudah pasti diperlukan. Karena itu sumbernya harus jelas yakin dari pekerjaan atau usaha yang halal dan barokah," imbuhnya.

Terakhir, pria yang telah dua kali naik haji ini mengingatkan seluruh calon jemaah haji untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

"Caranya dengan menjaga pola makan, berolahraga secara rutin, serta rajin memeriksa kesehatan," tandasnya.

Diketahui manasik haji yang digelar Kemenag dan Pemkab Bolmong ini masih akan terus dilakukan sebagai persiapan pemberangkatan calon haji 2019. (dek)


Aplikasi