Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Senin, 17 Desember 2018

Abdul Rasyid: Beragama Tidak Hanya Sebatas Simbol

6 December 2018


Melonguane---Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Talaud, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara Dr. H. Abdul Rasyid, M.Ag didampingi Kasubbag Inmas Kanwil Kemenag Sulut Drs. Hartono Bawenti, MH menghadiri Ibadah Pra Natal bersama ASN Kemenag Kepulauan Talaud (5/12/2018). Hadir dalam ibadah ini Forkompimda Kabupaten Kepulauan Talaud, Kakankemenag Drs. Yahya Pasiak, M.Si dan seluruh ASN Kemenag  Kepulauan Talaud. 

Dalam sambutannya, Abdul Rasyid menegaskan dan mengingatkan tentang pentingnya pemahaman yang substansial terhadap agama masing-masing, tidak hanya sebatas simbol-simbol agama.

"Kita harus memahami agama kita masing-masing secara mendalam karena beragama tidak hanya sebatas simbol tetapi harus lebih mendalam, lebih substansial. Jika kita hanya memahami agama hanya sebatas simbol, maka bisa menimbulkan berbagai problem sosial keagamaan yang bisa terjadi di tengah masyarakat. Tetapi jika semua umat beragama memahami ajaran agamanya secara mendalam dan substantif maka kerukunan dan kedamaian akan terpelihara karena semua agama mengajarkan menghargai harkat dan martabat manusia, saling menghormati, saling mencintai, saling menolong, saling bekerja sama, menebar kasih dan damai kepada sesama karena sebaik-baiknya manusia adalah dia yang bermanfaat bagi sesamanya. Itulah substansi agama yang sebenarnya. Hal ini juga sejalan dengan filosofi termashyur Sulawesi Utara 'Sitou Timou, Timou Tou', manusia hidup untuk memanusiakan manusia lain", ungkap Abdul Rasyid. 

Beliau juga menegaskan tentang perhatian pemerintah terhadap umat beragama melalui FKUB, BKSUA, BAMAG dan lembaga dan organisasi keagamaan lainnya agar hidup rukun dan damai di Bumi Nyiur Melambai tetap lestari selamanya. 

Mewakili Bupati Kepulauan Talaud, Asisten II Nelmar L. Tumbal, SH mengajak para ASN Kemenag Talaud dan semua yang hadir untuk tetap menjalin tali silaturrahim dan menjaga kebersamaan sehingga kerukunan dan kedamaian tetap terjaga sehingga pembangunan untuk kesejahteraan terus berlangsung dan semakin meningkat. (hm)


Aplikasi