Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Minggu, 21 Oktober 2018

Tavip: Jangan Alergi Terhadap Perbedaan

11 October 2018


LOLAK – Sekitar 30 tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kecamatan Sang Tombolang mengikuti Dialog Lintas Agama Tingkat Kecamatan, Rabu (10/10).

Kegiatan yang dimotori Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmong ini merupakan program lanjutan Dialog Lintas Agama Tingkat Kabupaten yang digelar sepekan yang lalu.

Masih mengangkat tema dan isu yang sama, Dialog Lintas Agama Tingkat Kecamatan dimaksudkan untuk menghimpun tokoh agama dan tokoh masyarakat di tingkat kecamatan untuk bersinergi dan bekerja sama dalam menjaga kerukunan di tengah-tengah masyarakat yang heterogen.

Berlangsung di Balai Desa Maelang, kegiatan ini dibuka Kepala Kantor Kemenag Bolmong, Drs. Tavip Pakaya yang sekaligus sebagai narasumber.

Dalam sambutannya Kepala Kantor meminta seluruh elemen masyarakat terutama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, bekerja sama menjaga kerukunan dan keharmonisan dimulai dari tingkat desa dan kecamatan.

Ia menekankan agama dan perbedaan suku jangan dijadikan pemisah, tetapi harus menjadi pemersatu.

"Kita harus bersatu dalam perbedaan, maka jangan alergi terhadap perbedaan. Bahkan isi dunia ini berbeda-beda warna namun itulah yang membuat indah," ujarnya.

Tavip menyebut enam agama yang diakui di Indonesia saat ini dijamin kebebasannya oleh undang-undang sehingga tidak boleh ada pihak yang melarang mereka beribadah sepanjang tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku.

"Ini yang mesti kita pahami bersama agar di Bolmong ini potensi gesekan antar umat beragama tidak terjadi, apalagi jelang tahun politik kita harus hati-hati dalam menanggapi berbagai isu dan persoalan menyangkut agama dan SARA," ucapnya mengingatkan.

Karena itulah pemerintah melalui Kemenag bersama FKUB berperan penting dalam mewujudkan kerukunan inter dan antar umat beragama. Tentu dengan dukungan masyarakat dan umat.

Terinformasi, kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber yakni Kepala Kantor Kemenag Bolmong, Drs. Tavip Pakaya, Kasubbag TU Shabri Makmur Bora, dan Ketua FKUB Kabupaten Bolmong Dra. Hj. Ulfa Paputungan. (dek)


Aplikasi