Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Sabtu, 22 September 2018

Kakanwil: Guru Sebagai Pendidik, Pengajar dan Pelatih

14 September 2018


Manado -- Guru RA, BA, PAUD, TK Islam yang tergabung dalam wadah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) hari ini menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pendekatan Santifik Dalam Perangkat Pembelajaran K13 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara. Jum'at, (14/09).

"Kegiatan ini diikuti 126 peserta utusan kabupaten/kota dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dilingkungan guru raudhatul Athfal," Kata Ketua Panitia dalam laporannya.

Kakanwil Kemenag Sulut Dr H Abdul Rasyid MAg dalam arahannya menyampaikan terima kasih atas prakarsanya dalam melaksanakan kegiatan ini.

"Guru RA tak bisa dipisahkan dari guru pada umumnya," ujar Kakanwil.

Orang nomor satu di jajaran Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara itu melanjutkan, seorang guru haruslah memiliki atayu menguasai empat kompetensi guru bila ingin disebut seorang profesional.

"Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional, mutlak harus dimiliki seorang guru. dan kegiatan yang saat ini dilaksanakan merupakan bagian dari pengembangan kompetensi pedagogik seorang guru," tutur Kakanwil

Sebagai seorang pendidik, guru juga dituntut mampu menciptakan kepribadian peserta didik menjadi lebih arif, bijaksana, berintegritas dan berakhlak mulia.

"Itulah kompetensi Kepribadian seorang Guru," terang Rasyid.

Suami Hj Irma Hunta SAg ini menambahkan, selain itu guru yang juga seorang pelatih harus bisa menjadikan peserta didiknya memiliki skill atau ketrampilan.

"Skill yang dimiliki peserta didik itulah yang menjadi bekal baginya untuk memasuki dunia kerja yang sangat kompetitif dewasa ini," kunci Abdul Rasyid.

Turut hadir dan mendampingi Kakanwil, Kasie. Pendis Kemenag Manado Drs Hamka Dondo MPd. (ies).

 

 


Aplikasi