Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Kamis, 15 November 2018

Seksi Pendidikan Madrasah Bolmong Perkenalkan Aplikasi SIBOS Pintar

14 September 2018


LOLAK – Jajaran Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmong menggelar Rapat Koordinasi pada Kamis (13/9).

Dipimpin langsung Kepala Seksi, Ibrahim Gani, Rakor yang berlangsung di Aula Kantor ini diikuti seluruh Kepala Madrasah dan RA se-Bolmong serta Pokjawas.

Beberapa agenda penting yang menjadi bahan rapat yakni mekanisme pencairan Program Indonesia Pintar (PIP) tahap I tahun 2018, input data pada Aplikasi SIBOS Pintar, dan sosialisasi program Pokjawas dan Seksi Pendidikan Madrasah.

Gani mengatakan, siswa yang terdaftar di madrasah dan tercatat pada aplikasi E-MIS serta merupakan siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) maka PIP-nya sudah bisa dicairkan.

Selanjutnya, madrasah diperkenalkan dengan sebuah aplikasi baru keluaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah). 

Aplikasi ini dinamakan  Sistem Informasi Bos dan Progam Indonesia Pintar (SIBOS Pintar).

Bersifat desktop online, aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan melakukan validasi data penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP).

“Ke depan, pencairan dana PIP harus divalidasi data penerimanya lewat aplikasi terbaru SIBOS Pintar ini. maka itu seluruh operator harus bersiap-siap melakukan input data siswa pada aplikasi ini,” tandas Ibrahim Gani. (dek)


Aplikasi